Kamis, 22 Juli 2010

Service TV Sony

     Sony Wega 21" Suara ada gambar tidak ada. Pertama tekan tombol ada suara mencuit, cek tegangan normal, setelah diperiksa dengan teliti ternyata ada benjolan pada flyback dan ternyata flyback rusak. 8-598-858-00 karena tidak dapat tipe ini kami ganti dengan 8-598-831-00 dan TV pun kembali OK...

     Kerusakan yang sering terjadi pada TV SONY Trinitron.

1. Kerusakan Power suply.
  • Kerusakan STR sering terjadi karena STR lemah akibat pemakain dan karena panas contohnya pada STR S5741 untk tv 29".
  • STR tidak swicth disebabkan R470K putus dari tegangan 300v.
  • Tegangan B+ naik karena elco 100V10UF kering disertai SHORTnya Dioda zener R2M.

2. Kerusakan Horizontal.
  • Sering menemukan TV SONY Trinitron kerusakan TR Horizontal short.
  • Cek tegangan B+ Normal. Langsung ganti TR yang baru TV bisa hidup tapi setelah 1 atau 2 hari mati lagi dgn kerusakan yang sama. Ini disebabkan karena suply tegangan HOR OSC drop/tidak terfilter, ganti C 25V100UF karena sudah kering/melemah.
  • Horizontal tidak bekerja, kadang TV bisa hidup tapi kemudian mati lagi. Kadang pada pertama dihidupkan ada bunyi menderik pada flyback padahal flyback tidak rusak. Kerusakan seperti ini karena CRYSTAL HORIZONTAL B500F terukur short/bocor.

3. Warna menghilang kadang disertai suara kemerosok.
  • Ganti kristal warna tidak berubah, cek IF gambar dan AFT gambar sudah tune. Ganti CF 5,5MB pada blok Tuner detektor.

142 komentar:

  1. trima kasih atas infox....

    BalasHapus
  2. Mas,sy lg kerja tv Sony Trinitron KV 5168 PF1 21inch,IC gambar TDA 8375A,Vertkal LA 7830,kerusakannya setiap ganti TR Horisontal paling lm 3jam rsk lg,sy cek teg.B+ normal,defleksinya jg normal,kira2 apanya lg yg bermasalah,mhn pencerahannya Mas!!!

    BalasHapus
  3. wawan: Jawabannya ada di nomer 2 (diatas)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr wb
      Mau tanya tv saya sony inci dgn model 5167 mnt ice chroma csh1213bs pertanyaan nya
      Start sebentar mati lagi power supley normal atau jika d cabut ic fertical tv hidup kira kira d mana masalah nya

      Hapus
    2. Assalamualaikum wr wb
      Mau tanya tv saya sony inci dgn model 5167 mnt ice chroma csh1213bs pertanyaan nya
      Start sebentar mati lagi power supley normal atau jika d cabut ic fertical tv hidup kira kira d mana masalah nya

      Hapus
    3. Assalamualaikum wr wb
      Mau tanya tv saya sony inci dgn model 5167 mnt ice chroma csh1213bs pertanyaan nya
      Start sebentar mati lagi power supley normal atau jika d cabut ic fertical tv hidup kira kira d mana masalah nya

      Hapus
    4. Assalamualaikum wr wb
      Mau tanya tv saya sony inci dgn model 5167 mnt ice chroma csh1213bs pertanyaan nya
      Start sebentar mati lagi power supley normal atau jika d cabut ic fertical tv hidup kira kira d mana masalah nya

      Hapus
  4. AS, saya mau tanya kenapa tv saya merk sony trinitron 21" layarnya redup...mohon jawabannya segera. makasih

    BalasHapus
  5. Maaf baru tau, kemungkinan layar/CRT dah lemah karena dilihat dari usia tv tsb.

    BalasHapus
  6. Mas, Saya mau tanya, saya punya tv sony trinitron wega 21". Usianya kira2 sudah 11 tahun. Beberapa bulan ini suka bermasalah sering hidup mati pada saat di start awal. Setelah 2 atau 3 menit barulah hidup normal. Namun kadang2 sering muncul gambar/karakter/text atau huruf arab berwarna biru atau hijau di layar. setelah dimatikan dan distart ulang karakter2 tsb bisa hilang/normal kembali. Kejadian ini berawal ketika listrik di kota saya sering padam atau tegangan PLN tidak stabil/merosot sementara TV dibiarkan hidup. Kira2 masalah kerusakan tv saya ada di mana? Mohon Jawabannya, terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  7. Untuk yg pertama susah start, ganti elco2 di bagian primer terutama yang 50v100uf. Sering muncul karakter arab atau text lainnya bisa disebabkan dari kerusakan data IC memory/eeprom atau bisa juga dari solderan kendor pada ic program/micom atau gangguan system proteknya atau bisa juga dari tombol panel ada yng short kecil.

    BalasHapus
  8. mas, saya Denny. saya punya tv sony KV-3400D
    Awlnya gambar dan p in p normal, kan tetapi suara kemerosok namun setelah dihidupkan +/- 1menit suara kemerosonya hilang akan tetapi sempat gambar nya jadi gelap dan suara kemerosoknya bertambah parah.
    setelah diperbaiki, gambarnya normal kembali, namun gambar pada p in p blank total dan suara kemerosok yang parah,
    Kira2 masalah kerusakan tv saya ada di mana? Mohon Jawabannya, terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  9. @Denny: Seprtinya Tv model lama ya kalo gak salah.
    Coba di resolder dulu blok2 IF, nicam/stereo dan mungkin kalo ada blok teletextnya.
    Jumper2 juga sering kendor.
    Intinya periksa dulu solderan2 kendor.

    BalasHapus
  10. saya kusuma maw tanya mas kalau tv samsung 29 inc slim model cs29a760smtxxd tr hor
    rusak trus setelah semua ok gambar melebar padahal udah ganti tr horizontal,fliback,dioda, gambar melebar danmelengkung kedalam )( sudah di jusdt tapi ga bisa gmna y mas solusinya trimakasih

    BalasHapus
  11. @Kusuma: Cek bagian Horizontal dan EW mungkin ada Capasitor yg melar, dioda yg bocor dan TR fet IRF630 koslet.

    BalasHapus
  12. Salam kenal mas.Mhn bntuannya mas,sy menemukan kesulitan pd tv sony G14B1 dgn ic chroma TDA8374A,Vertikal LA7830, kerusakan tv ini dominan wrna kuning disetai blangking tipis,cek msing2 TR katoda smuanya dlm kondisi normal. Tegangan KR 110v,KB 110 v tp pd katoda KG cm 75 v tp jk soket crt dilepas dr tbung tegangan di ketiga katoda ini sm yaitu 110v,ap bnr mas kerusakan sperti ini bs dr tbungnya?,trima kasih

    BalasHapus
  13. @Rizal: Kalau warna ke kuning2an kemungkinan warna Biru kurang atau katoda B sudah melemah atau degradasi. Coba soket dipasng kembali dan hanya katoda yg di cut dan diukur tegangan masing2 sambil dilihat tampilan pada layar warna apa yg paling kuat dan warna apa yg lemah. Biasanya katoda yg masih bagus terukur 100v keatas menurut pengalaman saya.
    Bisa diakali dengan menaikkan tegangan heater 1volt.

    Kalo memang katoda masih oke coba masuk service mode dan diatur RGBnya.

    BalasHapus
  14. Sebelumnya trima kasih mas sudah kasih masukan buat sy yg minim pengalaman.Soket CRT sudh sy pasang pd tsbung dan masing2 katoda sudah sy cut mas dari hasil pengukuran KG=110v,KR=110V,KG=75V,stiap kaki katoda yg di cut tampilan pd layar wrnanya sm dgn yg diputus(misal KG yg di cut mk layar akan menampilkan hijau disertai blanking,cm di KG yg 75v). Service mode sudah dicoba mas tp tetap tidak ada perubahan layar tetap dominan warna kuning. Tegangan heater belum coba saya naikan tp pasti sy akan ikuti saran dr mas alextro,skali lg matur nuwun mas udh bantu sy,oya skalian izin jd follower di blog mas alextro service.

    BalasHapus
  15. Mas, tanya donk. Aq tuh baru ngeh pas tadi nonton tv dirumah. Kondisi gambarnya normal, tp ketika diganti chennel sempat ada jeda yg agak lama dr biasanya dg ditandai layar hitam bergaris spt buku setelah itu baru bisa berubah ke chennel lain. Trus bbrp kali layarnya spt ada getaran gtu. Kira2 itu kenapa ya mas? Mohon pencerahannya ya? (⌒▽⌒)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin screen kebesaran, untuk tv sony biasanya untuk mendapat gambar screen agak dibesarkan karena biasanya CRT dah melemah.

      Untuk merk lain coba ganti elko video 2500v 22uf dan elko Vcc vertikal.

      Hapus
    2. Terima kasih atas penjelasan sebelumnya, walaupun jujur saja aq agak kurang paham mengenai screen yg kebesaran seperti yg mas bilang itu.

      Tp yg jd pertanyaan aq selanjutnya adlh: disaat aq perhatikan tv nya. Ketika pertama kali dinyalakan muncul gambarnya lama, hanya ada suaranya saja dan ketika gambar muncul disertai warna hijau dan bergaris. Hari ini aq semakin perhatikan warnanya semakin memburam.

      Tiap kali ada gambar yg berwarna gelap, selalu dibayangi garis dan warnanya rada kehijauan.

      Kira2 kerusakan apa yg terjadi dan bagian apasaja yg harus diganti ketika diperbaiki nantinya. Mengingat saya cukup awam dibidang ini. Terima kasih (⌒▽⌒)

      Hapus
  16. Mau tanya mas , tv saya kadang2 redup stelah digebuk bodinya nyala terang lagi ........... mohon pencerahan

    BalasHapus
  17. Solder ulang IC chroma/gambar dan matrik RGB.

    BalasHapus
  18. mas mau nanya kalau tr horisontal jebol terus kenapa ya mas terus temperaturnya panas sekali mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry mas lupa ga kasi merk ,sebenarnya aku mau tanya untuk semua tv , kebetulan yang bikin rambutku rontok saak ini mrknya SONY ZWETON MULTI sistem KV2553MW .rankaian ew nya bekerja ,tr horisontal aslinya berapa mas? paling tidak biar ngirit duit persamaan ga apalah mas.makasih

      Hapus
    2. Aslinya C4927 bisa ganti dgn D2539 atau D2580.

      Hapus
  19. asalamualikumm gan...saya punya tv sony wega 29 inc layar datar trinitron model KV-DA29M61 ada suara tidak ada gambar tapi OSD ada..dan kalau di set ke video ada sinar dan kalau dikembalikan lagi ke set TV ga ada gambar hanya suaranya saja..mohon bantuannya Bos...terima kasih sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Was.wwb.
      1.Cek level kontras.
      2.Cek teg G2/ coba naikkan tegangannya.
      3.Cek masing2tegangan Katoda ada berapa volt, normal sekitar 100 - 125v, bila sama dgn vcc atau sekitar 180 -200v kemungkinan protek IK.
      4.Resolder RGB.
      5.Bisa kemungkinan eeprom korup.

      Hapus
    2. aslamualakum Bos...saya sdh cel level kontras tdk ada masalah,cek G2-/+ 345v,masing-masing tegangan katoda 183v dan vcc 198v,resoldering sdh saya lakukan..pertanyaan saya berikutnya apakah yang dimaksut dengan protek IK dan pada bagian dan komponent apa biasa terjadi pada protek IK terima kasih mohon penjelasannya terima kasih salam sehat dan sukses selalu

      Hapus
  20. mas mohon ijin catatan yg ada di postingan ini ,terutama yang baik untuku, aku copi paste buat catatan kecilku boleh ga mas ?

    BalasHapus
  21. mas tolons di bahas utowo di bongkar seputar problem dvd soale aku slalu menyerah soal keluhan dvd mpeg terutama yg keluaran cina trima kasih mas

    BalasHapus
  22. siang mas ...

    Saya punya Tv sony trinitron kalau baru di hidupkan gambar ngedip2 dan suarapu ga ada tapi ga beberapa lama gambar normal dan suaranyapun normal itu rusak apanya ya mas... ? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba untuk DVD bgmana? bila normal kerusakan pada seputar Tuner atau IF detector/ decoder.

      Hapus
  23. boss... trinitron 21 inch saya kok hampir selalu keluar garis jihau tipis di horisontal nya ... selalu berpindah posisi saat di on-kan ... gambar normal ... kadang normal (gak keluar garis hijau horisontalnya)... mesti di cek apanya tuh?? thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yg sulit karena kerusakan seperti ini diketahui dgn melihat tampilan gambar, mudah2an jawaban saya bsa sedikit membantu.
      Coba ganti elko pump up vertikal dan elko vccnya.
      Resolder RGB, IC Chroma, rejust screen.

      Hapus
    2. thanks masukannya ... saya akan coba. salam

      Hapus
  24. Mas Alex, mau tanya nih:
    Tv Sony Trinitron 29"(KV-2966MZ),cuma bisa start sesaat,tadinya ni tv nyala normal cuma short tr horznya aja, tp udah diganti cuma bertahan 15 menit saja,diganti lagi nyala sebentar short lagi,jadi tak ganti flybacknya,siapa tau sudah setengah short, tp tivinya jadi ngga bs nyala, cuma bunyi cret sesaat kemudian ngga bunyi apa2.
    Tr Horz sdh tak ganti yg bagus, flyback sdh,C100uf bag regulator ic Cxa1213s jg sdh,Xtal B500 jg sudah
    Vcc untuk ic cxa terukur 9v,Vcc h-out dari ic terukur 0.75v saat on,jika dioff terukur 0.5v,di basis Tr drive horz terukur 0v saat on dan 0.75v saat off,vcc trafo horz terukur 100v?

    BalasHapus
  25. Oya mas,jika pin 19 dari ic cxa saya cut tv bisa start jika disambung kembali tv ngga mau start, tp baru beberapa detik tr hot lsg jebol,padahal B+ normal 135v?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tv terprotek karena arus berlebihan atau karena memang angkaian proteknya error.
      Rangkaian proteknya dekat travo switching ada 2 tr yg bentuknya agak beda dari yg lain.
      Ganti elko 10uf 100v pada power suply dan ganti TR horizontal dgn D2539 atau D2580.

      Hapus
  26. selamat malam mas, ,salam kenal, , mau minta bntuan mas, tv sony trinitron kv-PG21p40 dengan kerusakan gambar berjejer 3,,, sya coba cek2 kok g ad tanda2 kerusakanya, ,mohon pencerahanya mas. . .terima kasih. .maklum mas masih tahap belajar..

    BalasHapus
  27. sony kv-ha21p50 keruskan poewer supply teg 115v tidak ada...?
    macam mana itu mas alextro service,,,cara nya mas...

    maaf ya mas saya baru gabung ke alextro service tv,,mohon maaf mas kalau saya main gabung aja ga beri tau mas....?
    mohon terimakasih....?

    BalasHapus
  28. Aslm... mas saya punya tv sony kv 29ar66 gejalnya Lampu standby nyala, pas di hidupkan atau di pindah gelombang kedip2 gambar dan suara gak ada, saya coba buka gak ada yang keliatan rusak/angus/retak masih normal semua, saya tutup lagi di tes hidup normal, namun ketika saya matikan powernya karena sudah malam (istirahat) paginya di nyalain lagi kembali ke masalah semula, dan sudah berulang2 ... kira2 apa ya mas.. terimkasih sebelumnya.. (saya terus terang awam )

    BalasHapus
  29. Ijin mo gabung dulu nih, tv ku sony wega kv sz29 gambar kanan kiri menyempit kaya bantal, kapasitor 514/400v dah tak tambahin dg 224/400v, tp gak ada perubahan, ada lilitan dkt horz yg gosong tp tak belikan susah dapatnya, apa memang lilitan tsb atau yg lain, mohon pencerahan mas. Tks

    BalasHapus
  30. Mas, ikut numpang tanya kalau crystal B500F diganti dengan B503F bisa gak ya, soale yg B500F tidak ada

    BalasHapus
  31. mas numpang tanya dong kalau tv sony di on hanya bunyi klik klik sertta teg b+tak da str no 6709 itu yang rusak di bagian mana ya tolong di jelasin dong.

    BalasHapus
  32. mass,, saya mau nanya, fungsi dan pengertian dari protek pda televisi SONY itu apa ??
    Mohon jawaban nya yaa gan..???

    BalasHapus
  33. Mau nanya nih mas...sony kvpg 21p40 mati.

    Padahal B+ada tegangan yg masuk 137 volt.
    Lampu kontrol normal tapi setelah di pencet p+/p- lampu trs mati setelah itu kedip 4x...kira kira di bagian mana kerusakan tv tsb mas... Mohon jawabannya terimakasih......

    BalasHapus
  34. mas maaf,saya mau tanya lampu standby berkedip truz tv baru dinyalakan ada suara gambar gelap kemudian mati lagi..type sony trinitron kv hr 29m61..mkasih mz

    BalasHapus
  35. mas mau nanya.tv sony trinitron r852 terbakar terus.tegangan katoda rgb 180-200.G2 cuman 150 karena r852putus.klau di pasang r852 G2 normal 1000.tapi hitungan detik r852 terbakar.kira2 kerusakan apanya mas.mohon bantuannya.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tau yg dimaksud R852 yg mana.
      Kalo itu sebagai penyuply teg G2 yag diambil dari Kolektor TR Hor biasanya nilainya kisaran 1K 2w, bila terbakar terus coba ganti dioda dan C filternya.

      Hapus
  36. ia mas r852=1k sbg penyuply teg G2 yg diambil dr kolektor hor.ya nant saya coba saran mas.mksh

    BalasHapus
  37. Mas mhn bantuan nya, tv sony model KV G21P2 masalahnya gambar hilang, suara ada, osd ada..
    dimana letak kerusakan nya ya ?

    BalasHapus
  38. Sering masalah pada CRT salah satu katoda ada yg lemah sehingga protek IK.
    Kok disply ada? model ini kebanyakan disply langsung disuntik/ di mixing melalui katoda G.

    BalasHapus
  39. agan mohon bantuan nya sya lgi garap sony model kv-k21mn11,croma cx-p 85224a, ic vert stv 9302b........
    suah star.....yg sudah di ganti pemain c bag drive horz.....ic 7809...tpi masih sama...mhon pencerahan nya dri agan makasih...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan hor osc bekerja, cek 9v pada pin 10 ic chroma CXA1587S, Ganti crystal hor B500F, dan cek L pada Hor out dari pin 18

      Hapus
  40. Assamuaikum..saya punya garapan tv sony trinitron 29" KV29MF1 suara normal, gambar baru keluar setelah trimpot screen diputar ke kanan, gambar kurang focus serta warna merah hilang..mohon pencerahan, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa.as..
      Coba cek TR untuk Cathoda R dan solder ulang, bila masih sama kemungkinan CRT dan kena terutama Cathoda Rnya.
      Kalo masih beruntung bisa di injek tegangan tapi disarankan buat yang sudah mengerti tentang ini, Caranya siapkan elko 10uf 250v dan isi dgn tegangan RGB 180V. Sambil tv keadaan menyala anda tempelkan kaki elko tsb ke kathoda R dgn membalik polaritasnya. Artinya min elko ke katoda R dan plus elko ke ground/G1.
      Ini saya sudah praktekkan pada tv sony flat yg tiba2 kehilangan salahsatu warnanya. Mudah2an berhasil.

      Hapus
  41. Terima kasih atas masukannya, tp ada sdikit yg msih blm jelas bg saya, pengisian elco nya lamanya brp detik? Trm ksh sebelumya..wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngisi elko gak perlu lama, cukup ditempelkan sesaat sudah terisi

      Hapus
  42. Ok terima kasih semoga ilmunya terus bertambah dan barokah...

    BalasHapus
  43. Tv sony trinitron 21in suara normal gambar gelap,prediksi CRT rusak. Gimana merubah jalur 2 focus pada CRT sony agar jadi 1 focus untuk CRT biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti soket sesuai dgn CRT pengganti.
      Gunakan 1 fokus saja yg diambil dari trimpot fokus/kabel fokus dari flyback.
      Gunakan yoke yg cocok dgn CRT pengganti.
      Bila gambar kelebaran tambah travo yoke.

      Hapus
  44. Mas nanya gimana cara program ulang tv sony trinitron kv 3400d?
    Masalahnya gak ada tombol manualnya.
    Pake remot juga kgak adabmenunya

    BalasHapus
  45. Mas nanya gimana cara program ulang tv sony trinitron kv 3400d?
    Masalahnya gak ada tombol manualnya.
    Pake remot juga kgak adabmenunya

    BalasHapus
  46. Mas nanya gimana cara program ulang tv sony trinitron kv 3400d?
    Masalahnya gak ada tombol manualnya.
    Pake remot juga kgak adabmenunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai remot aslinya ada tombol search dan auto program, kalo pakai remot lain coba pakai yg warna putih mungkin bisa, sudah agak lupa karena tvnya sudah langka.

      Hapus
    2. Sony trinitron KV3400 bisa pake remote multifungsi gak? ( remote asli hilang)

      Hapus
  47. Mas mau tanya tv saya merk sony led bravia klv 40r452a masalahnya setiap saya mau nyalahkan knp langsung mati terus ya...trims

    BalasHapus
  48. Tolong gan, tv sony trinitron 21 indikator brkedip 4 kali berulang, tapi kalau bisa hidup tdk ada problem apa2

    BalasHapus
  49. Hallo mas.mohon pencerahanny.tv saya hidupkan awalnya normal setelah beberapa menit mati total dan saya cabut colokannya lalu saya pasang kembali ,tv kembali nyala seleng beberapa menit/detik mati lagi.saya ulang beberapa kali hasilnya sama .mohon solusinya mas.tanks
    merk tv sony model:klv-32BX35A

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih di power supply mungkin mosfet atau STR sudah lemah

      Hapus
  50. Jawabannya Kirim ke email saya . yadiwebku@gmail.com

    BalasHapus
  51. mohon pencerahan sony trinitron 29"....di tekan power led hidup sekejap trus matot....coba ukur di R470k 0 v...apakah str s5741 yang rusak atau r 470k yang putus bila di lewati tegangan...suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Led nyala terus mati artinya tv sudah posisi on, cek mungkin flyback belum kerja.

      Hapus
  52. Mohon solusinya Tv sony trinitron resistor V+ driver osc horizontal putus terus ganti putus,,dan biasa nya mulai resistor di V+ driver horizontal itu berapa makasih

    BalasHapus
  53. Mohon solusinya tv sony trinitron 21 klv-2185 GE hilng warna merah jga kuning cuma ada warna hijau sama biru,mksih

    BalasHapus
  54. Mohon solusinya tv sony trinitron 21 klv-2185 GE hilng warna merah jga kuning cuma ada warna hijau sama biru,mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan model ini CRT/ Tabung sudah lemah. Katoda Merah lemah.

      Hapus
  55. Siang mas, mau nanya. Punya polytron u slim 29" ada suara pletak pletek di pin screen yg ke layar, ganti soket tetap. Ganti kapasitor screen tetap, juga gambar berkedip ikuti usara pletek tadi. Mohon pencerahan nya, makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kurangi tegangan screen, biasanya kalo begini CRT mulai rusak.

      Hapus
  56. Mohon solusinya gan tv sony trinitron 21 inchi 2185GE suara ada, gambar gelap tida keluar di tekan volume jga tda keluar .gambar

    BalasHapus
  57. Mohon solusinya gan tv sony trinitron 21 inchi 2185GE suara ada, gambar gelap tida keluar di tekan volume jga tda keluar .gambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba naikkan tegangan screen lihat penampakan di layar, biasanya kerusakan karena CRT sudah lemah, katoda tidak seimbang jadi cutoff.

      Hapus
  58. Mohon bantuannya gan, tv sony trinitron kv-f29mn21 suara kadang ga ada saat pertama kali star, warna kehijauan dan kurang fokus,ada warna pelangi tipis di atas layar.trimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  59. Suara hilang masalah pada system muting, ada beberapa elko yg mulai berubah nilainya. kalo gak mempan buang TR mutingnya.
    Masalah lain ada pada layar/ CRT yg mulai melemah atau emisinya sudah berkurang. Kuranga fokus coba setel fokus di flyback, bisa dari flyback mulai ruak atau dari soket CRT. Warna pelangi mungkin degausing gak kerja coba ganti PTC.

    BalasHapus
  60. Terimakasih gan, Saya sekarang focusnya di bagian suara gan. Suara baru akan muncul begitu ada tulisan "NICAM" pada layar. Kadang chnnel dipindah dulu baru muncul suara disertai tulisan tadi. Tapi suara normal kalau pakai dvd (audio input dari tv), apakah ini juga termasuk system mutingnya? mohon pencerahannya gan. Terimakasih banyak sebelumnya gan.

    BalasHapus
  61. Selamet siang Mas. Mas saya punya TV sony tipe DA29M61 rusak warna a hilang n gambar rusak,sudah bekali" saya panggil tukang servis semua slalu bilang sperpart a ga ada. Klau mas bisa servis Tv Sony tolong diperbaiki TV saya yach... Alamat mas dimana ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rusak modul digital video prosessor.
      Memang agak susah memperbaikinya mesti ganti 1 modul.

      Hapus
  62. Gan mau tanya sony trinitron kv-2185ge tidak ada suara apa kira krusakannya mhon solusinya mksih

    BalasHapus
  63. Kalo IC power audio normal kemungkinan muting, coba lepas dulu TR mutenya pada pin 5 dan 6 ic audio out.

    BalasHapus
  64. Sy punya tv sony bravia
    punya 1 penyakit
    Lampu standby nya selalu berkedip
    klo berkedip otomatis menu" nya pada nongol bergantian, mengganggu aktifitas nonton krn gambar layar tertutupi ama menu" yg nongol bergantian
    seperti abis nekan tombol menu di remote
    Penyakit ini selalu kambuh tp biasa berhenti dgn sendirinya tp kadang kambuh lg
    bagaimana cara memberhentikan agar lampu standby nya berhenti berkedip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa tombol MENU pada TV mungkin masalahnya disini.
      Ditekan-tekan berulang hingga hilang tampilan MENU.

      Hapus
  65. As.wr.wb
    Mas saya punya tv sony Trinitron model KV-12194MT
    kendalany : Gambar redup/hilang osd ada ,suaranya ada tapi pas digedor bodinya gambarnya muncul seperti normal..beberapa menit kemudian redup lagi..
    Kakau boleh tau itu rusaknya apa ya mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada solderan kendor biasanya pada rangkaian RGB

      Hapus
  66. Mw nax Tv sony kv g21p2 dgn krusakn gambar bergetar..R710 di bad rangkaian RGB PANAS skali..dan Dioda D711,D709 retak...mhon solusix...

    BalasHapus
  67. Mas mobon pencerahan, tv sony jadul kv 5148KF1 protec, start sbntar lampu led kembali merah, apa yg harus di open utk menghilangkan protectnya dan mengetahui sumber kerusakannya,. Trims

    BalasHapus
  68. Kalo model lama biasanya proteknya di Over current/ kelebihan arus.
    Ada R B+ ke flyback bila ada selisih tegangan maka protek. Biasanya di sampling oleh R dan TR PNP menuju pin protek. Elko pada rangkain protek ini kering juga bikin protek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas saya krismal hari ini saya perbaiki tv sony tidak ada gambar tapi ada suara,playbacknya udah kuganti baru,dgn transistor bagian horizontalnya juga suda kuganti sesuai nilai nya juga,tapi tv tetap ngk berubah atau ngk keluar gambar,,,,solusinya lagi gimana mas

      Hapus
    2. coba adjus screen sampai muncul gambar atau layar blanking, biasanya kerusakan dari RGB ada yg gak bekerja atau CRT sudah lemah.

      Hapus
  69. Slmt siang Alextro servic?...
    Saya ada servican tv sony 29 trinitron" model KV-xJ29M61.gejalanya saat tv di nyalakan gambar keluar aga telat suara lebih dulu keluar,tapi ga lama sih bentaran gambar keluar,tapi gambar dominan aga kemerahan,not kalu di perhatikan juga di depan indikator lampu poewe kedip kedip warna hijau tapi tv masih nyala dominan warna merah.
    Langkah awal solder ulang sudah saya lakukan di bgian RGB,tapi gambar ga berubah.

    Kira kira apa yg harus saya lakukan dan pengantian apa saja.trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katoda RGB sudah tidak imbang/ emisi tabung sudah berkurang, terutama pada warna HIJAU da BIRU sehingga warna tidak balance. Ganti Tabung/CRT.

      Hapus
  70. Mohon bantuan nya, trim Alextro service.

    BalasHapus
  71. Slm knal mas.sy lg punya servsan tv sony trinitron 29"slim.gejalnya gmbar dominan merah dn suara tidk ada lampu kedip2.pdhal gmbar ad di sertai merah buram.volm d tkan gk ada osd.kira2 apanya y mohn bntuannya trimaksih

    BalasHapus
  72. Slm knal mas.sy lg punya servsan tv sony trinitron 29"slim.gejalnya gmbar dominan merah dn suara tidk ada lampu kedip2.pdhal gmbar ad di sertai merah buram.volm d tkan gk ada osd.kira2 apanya y mohn bntuannya trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman sih kebanyakan karena dari umur juga tv sudah puluhan tahun jadi rusak CRT atau tabungnya.

      Hapus
  73. Assalamu'alaikum wr wb , salam kenal mas, saya punya service an tv sony tabung 21", kerusakan tv nyala normal, setelah sekitar 10 menit tv tiba2 mati,kemudian dinyalakan &gambar tidak muncul(gelap), saat gambar gelap saya ukur tegangan pd soket RGB 200volt & 1Kvolt normal, mohon bantuannya untuk penanganan selanjutnya mas, terimakasih

    BalasHapus
  74. mas mau tanya saya punya sony wega 21" kv-aw21p50, ada gambar suara hanya ngosos saja. mohon pencerahannya mas ditunggu jawabannya, disini/email

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek system suaranya normal BG.
      Kalo udah dirubah masih sama ada masalah di modul Sound IF.

      Hapus
  75. Bro tv sy sony 34". Gejala rusak bagian tr fet horisontal dgn kode irf720 dn c 754j. Sdh sy ganti 754j dgn cra menggabungkan c368 dua kali krn c764j susah dcari. dan alhasil tv udh bs hidup. Tp hidup sebentar trs protek led kedip 2x dn gambar kanan kiri kurang lebar. Kdng jg pertma klo dihidupkan keluar menu reset. Itu knp ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa micro swicth ada yg short?
      coba cek juga coil horizontanya mungkin hangus. kalo gambar menyempit berrati c yg diganti terlalu besar. Sony sering protek di over current atau R B+ SUDAH MELAR, dan juga di Vertkal.

      Hapus
  76. saya sedang cari service tv sonybtrinitron 34 inci,, info gan
    playback, lampu indikator power hidup, warna sdh kacau, bisa di service kah?

    BalasHapus
  77. Mas mau tanya...tv sony trinitron lawas gambar bagus suara tidak keluar.in pa di pegang ada suara keras menandakan ic audio masih bagus,lepas tr mute hasil tetap nihil.resolder blok modul if juga sama.solusinya mas?

    BalasHapus
  78. Mas Mau tamya TV Sony Gambar Lama Baru muncul Ada muncul garis biru Dan hijau diatas Layar kalau sudah nyala Gambar kurang 4cm atas bawah kira2 bag mana yg rusak Master?

    BalasHapus
  79. Master mau tanya?? Gejala, layar ada garis pelangi tipis, bergaris horisontal, gambar ada, osd ada. Masukannya master.

    BalasHapus
  80. Master mau tanya tv sony jadul. Susah start b+ nol voltage. Elco menyimpan

    BalasHapus
  81. Tv sony kv 2965 tegangan b+ 160v. Setelah ganti elko 100v/10uf tegangan jadi 143v. Jelang beberapa saat b+ terus naik perlahan sampai 154v.mohon pencerahannya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalo flyback gak kerja ya begitu, kalo tv sudah nyala tegangan akan turun dan normal kisaran 135 - 140v

      Hapus
  82. ass tv sony triniton 14" awal tr hot mati ganti tr hot tv hidup tapi 15 menit kemudian relai main cetak cetek gambar pun terganggu di barengi tr hot panas bgt kalo di terusin tr hot mati lagi kira2 apanya ya masterr trims

    BalasHapus
  83. Mas mau ganya...
    Tv sony trinitron kv14b1 gambar pelangi suara normal dan sdh diganti ic vertikal tetep aja masih gambar pelangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambar pelangi maksudnya bagaimana?
      Yg sering bermasalah bila belum keluar gambar karena masalah RGB ada yg kendor atau tegangan 180v kurang (elko kering) bisa juga karena CRT sudah tidak balance/ ada yg lemah katodanya.

      Hapus
  84. Tv sony zweton trinitron 25 inch saya gambarnya double,dan gbrnya jadi kecil dilayar tp suaranya bgs. Gimana solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sony CRT model lama ya.
      Ada beberapa komponen pendukung ic vertikal yg perlu diganti.
      1.Elko output 680uf 25v dan elko2 lainnya.
      2.Trimpot pengatur vertikal V-Size, V-Line dan V-Shift.

      Hapus
  85. Fbt blm bekerja. Tegangan dikaki trafo drive horizontal ambil dri b+ fbt itu sendiri sehingga teg 135, benarkah?
    Sony trinitron 21"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar itu..
      nanti setelah horizontal bekerja tegangan pada travo drive akan turun jadi kisaran 50v an.

      Hapus
  86. Ass..wr..wb..
    Mohon izin pak, saya mau minta bantuannya. Saya dapat garapan tv Sony 29" Tipe XJ29M50, problem nya digambar ada bintik" Mendatar beraturan warna hijau seperti display ada 8 baris mendatar dilayar. Jika saya tampilkan display dilayar bintik" Itu ikut membesar tapi kalau saya hilangkan display nya, bintik itu mengecil tapi tidak hilang. Kira Kira apa nya yg harus saya kerjakan ya pak..? Saya sudah dibikin pusing sama tv ini. Penyakit nya kaya yg simpel tapi sangat sulit dalam perbaikkannya.
    Sekali lagi mohon bantuannya ya pak.. ������

    BalasHapus
  87. Maaf mas mau nanya klo tv sony trinitron tegangan b+ normal klo dilepas kaki resistor yg ke fbt, tp klo dipasang kembali kaki resistorx tegangan hilang alias 0 vol. Mohon bantuanx mas! Makasih

    BalasHapus
  88. Permisi mas..saya mendapat garapan tv sony kv29mn11..problem rester hilang garis pelangi mendatar diatas.sudah ganti icvertikal masih sama maaf sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan protek IK.
      Periksa matrik RGB mungkin ada solderan kendor atau TR RGB ada yg rusak.
      Ganti elko tegangan 180v.
      Putar screen perlahan hingga muncul gambar dan cek tegangannya.
      Bisa kemungkinan CRT lemah coba naikkan tegangan heater misalnya hingga 6v hanya untuk memastikan saja.

      Hapus

Entri Populer