Jumat, 07 Januari 2011

TV LG Super Slim suara kadang hilang kadang besar sendiri.

TV LG Super Slim IC OICTMSA003F_LG631_9R_58R7 dan ada IC Suara LV1116N.
Kerusakan Pertama on Gambar dan suara normal dan setelah 2 atau 3 detik suara langsung besar kadang hilang, setelah pengecekan diketahui:
  1. SCL drop menjadi 3v dan berubah2 
  2. SDA normal 4 vol lebih dan mendut2. 
  3. Remote dan Tombol panel jadi belet.
  4. Angkat IC LV1116 dan TUNER sama saja SCL tetap drop. 
  5. Ganti IC memory copian juga sama saja. (Download eeprom disini..)
Setelah dipegang IC utama tadi kayanya panasnya agak berlebihan. 
Sepertinya kerusakan memang pada IC utama.

Langsung hunting IC OICTMSA003F_LG631_9R_58R7 di daerah Bekasi dan dapat juga IC tsb. Setelah dipasang walau deg2an dan Alhamdulillah langsung OK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

NB: IC diganti 2 duanya LG631 dan LV1116N karena panggilan dan menjaga kalau ada masalah, berhubung ini adalah yang pertama kasus LG saya temukan belom ada postingan sebelumnya (lihat tanggal dan tahun posting) dan semakin kesini mulai kelihatan kalo yang bermasalah pada IC LV1116N, harap maklum.

25 komentar:

  1. Biar deg degan tapi puas. Kang boleh kapan kapan sy mampir ke Bekasi?

    BalasHapus
  2. Sukses bos....
    perlu seting ga' bos.?
    Atau pasang langsung nyusss.
    Matur nuwun .

    BalasHapus
  3. To Ardh: Boleh.
    To Liatronic: Ada perubahan di vertikal size masuk menu service diatur lagi.

    BalasHapus
  4. bos, saya dari bali.mohon bantuannya!!!saya punya tv lg flatron dengan IC OICTMSA003F_LG631_9R_58R7,kalo pagi susah sekali start tvnya.tapi kalo sudah panas IC nya baru dia mau start.saya panaskan icnya dengan solder.begitu panas langsung nyosss.kira@apa penyebabnya bos.terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  5. Yang pertama cek tegangan 5v suply program, coba ganti elconya. Ada kemungkinan IC sudah bermasalah persisi seperti yg teman saya alami, bila dipanaskan dengan solder baru normal.Coba ganti IC memori copian.

    BalasHapus
  6. kalo bole saya brapa harga ICnya kang IC OICTMSA003F_LG631_9R_58R7 , dan saya punya kasus TV LG, 29. inc tiap 1.jam mati total apanya kang, makasih ilmunya

    BalasHapus
  7. ooh iya kang saya tambahkan, untuk STR, W6556.A Dan TR horisontal C.6090, dah tak ganti, hasilnya sama aja

    BalasHapus
  8. Pada saat mati cek dulu apa masih ada tegangan atau apa STR masih bekerja? kalo ya berarti ada masalah pada suply ic micom dan hor osc atau tv protek.

    Kalo semua tegangan hilang berarti powersuply tidak bekerja. Cek elco 400v, R start dan bagian primer lainnya, atau jgn2 pada swicth power.

    BalasHapus
  9. salam kenal pa,kebetulan saya lagi dapat pasien yang sama, pin protec IC tersebut pin 52, saya ukur 0v tapi kalau pin saya cut 5v keluar melalui Q16, apa beratri IC itu rusak? tv protec tapi kalau dipencet CH berulang2 sampai gambar muncul tv tidak protec lagi gmbar dan suara bagus, mohon bantuannya pa, terima kasih.

    BalasHapus
  10. maaf maksudnya pin 25, dan kalau posisi AV tv langsung protec saya sudah ganti memory copian tapi sama saja, terima kasih pa.

    BalasHapus
  11. Bisa juga pin Abnormal/proteknya dah koslet.

    BalasHapus
  12. Terima kasih pa atas tanggapannya, semoga bpk selalu diberikan kesehatan, amin.

    BalasHapus
  13. salam kenal,mau nanya nih setelah ganti ic(OICTMSA003F_LG631_9R_58R7)tsb apakah ic ini memang panas ya kalau disentuh?atau ada komponen lain yang bermasalah?sblmnya trims

    BalasHapus
  14. memang panas tapi gak terlalu artinya masih bisa dipegang dgn tangan.

    BalasHapus
  15. salam kenal mas,
    tv LG super slim saya tiba2x suaranya besar dan kemudian tidak ada suaranya sama sekali... saya matikan tv nya ada suara lagi normal lama2x besar lagi.
    apanya yang rusak iya mas?

    BalasHapus
  16. mas punya saya udah ganti ic suara juga tapi cuma kuat 3 bulan. Sekarang hilang lagi suaranya. Gimana ya mas?

    BalasHapus
  17. Tv LG 21SL3RD dgn IC croma LV76211 Ic ver LA 78141 dengan gejala stanbay setelah di onkan hidup sebentar trus muncul garis mendatar lalu stanbay lagi terus tak solder ulang bagian vertikal terus di coba on malah gak mau hidup sama sekali cuma stanbay aja. Teg out di ic KIA 78R09 gak ada sama sekali padahal beban udah ku angkat,
    mohon petunjuk nya kang Alex masalahnya di bagian mana.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti ic vertikalnya
      Ganti elko 2200uf 25v output vertikal
      cek vcc/ tegangan vertikal.
      Karena tv kembali stndby karena protek jadi pada out 78R09 0v karena teg trigger 5v dari IC program kembali 0v.

      Hapus
  18. maaf numpang nanya,beli IC OICTMSA003F_LG631_9R_58R7 di bekasi daerah mana ya...

    BalasHapus
  19. Malam bro semuanya.
    Dapat problem TV LG 21SL3RD suara hilang, sebelumya dah bagus. Lepas pin mute di IC suara maka sinyal audio dah ada, tapi masih belum bersuara siaran/gambar. Dah ganti IC LV76211 3C masih tetap sama. Ada solusi ??? Mungkin data eprom yang berubah, tp aku tdk punya data epromnya.
    Trim's sebelumnya

    BalasHapus
  20. Selamat malam pak,saya mau tanya harga ic tv LG 42in,tv keluaran 2015.suaranya tdk ada bisu,gambarnya oke.

    BalasHapus
  21. Very good. Are want make money online by your photos? Etopick.com is a photos paid online platform.

    BalasHapus

Entri Populer