Jumat, 16 Oktober 2015

Tv LG Slim IC Vertikal Pecah


Banyak kasus dari teman-teman FB tv LG slim kerusakan ic vertikal keadaan pecah dan terbelah namun penyebab pasti belum ditemukan, hanya beberapa perkiraan saja.
  1. Sebelum diganti mulai pengecekan tegangan terukur 50v (tanpa ic vertikal).
  2. Ternyata elko 35v 1000uf  VCC 26v keadaan kendor dan setelah disolder cek tegangan terukur 30v.
  3. Cek Capasitor horizontal ternyata normal semua. (karena banyak yg bilang penyebabnya dari c horizontal).
  4. Elco pump up 35v 100uf dan 50v 1uf V-REF kering juga bikin ic vertikal cepat panas.
  5. Cek kumparan vertikal apakah short dengan kumparan Horizontal, ternyata tidak.
  6. Pasang IC vertikal baru LA78141 dan coba hidupkan??? mencegah tegangan berlebihan coba ganti R supply  0,47 dgn 10 ohm.
  7. Coba nyalakan tv tegangan terukur 24v dan tv nyala normal namun sepertinya tegangan vertikal kurang. Kembalikan R 0,47 VCC vertikal terukur 27v di flyback tertera 26v  ah gak masalah.
  8. Pada tv LG slim ini memang ic vertikal lumayan panas, makanya setiap penggantian harus disertakan pasta dan baut harus kencang agar panas ic benar-benar meresap ke heatsink.
Kesimpulannya walau tegangan terukur 30v itu semu karena belum ada beban yaitu ic vertikal, setelah dipasang ic vertikal tegangan jadi normal.
Semoga bermanfaat......!!!!

53 komentar:

  1. saya punya mslh yg sama la7080 pecah,setelah diganti gambar cuma bergaris tengah,tegangan 26v dari fbt 0,cek kaki fbt v+ vertikal drop,mohon solusi nya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. R teg 26vnya putus yg dari flyback ke dioda.

      Hapus
  2. Kalau gambar nya memgecil cuman di tengah aja.
    Masalah nya apa ya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elko outputnya kering 2200uf 25v

      Hapus
  3. Tv lg sy 29" slim tp gambarnya tdk normal jd ada garis2 kecil dr tengah sampe atas..itu mslhnya apa ya ? Trimaksh mhn bantuannya..oh ya ic nya pake tda8463aj....yg dirinya ga tau pake ic apa..soalnya pernah d bw sama tkng service

    BalasHapus
  4. Tv lg sy 29" slim tp gambarnya tdk normal jd ada garis2 kecil dr tengah sampe atas..itu mslhnya apa ya ? Trimaksh mhn bantuannya..oh ya ic nya pake tda8463aj....yg dirinya ga tau pake ic apa..soalnya pernah d bw sama tkng service

    BalasHapus
  5. gan, kalo tv lg 29 mati standby.. remot dan tombol tidak fungsi.
    horizontal bagus.
    pin protek nya d mana ya gan?
    thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek tegangan 12v atau (gamti elkonya)sumber tegangan KIA78R09 dan KIA7805 (untuk program) mugkin drop

      Hapus
  6. gan teg vertical tanpa ic naik 50v,elko 1000uf 35v sdh berapa kali ganti kembung terus apa solusinya biar teg visa turun...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman saya bila IC vertikal dipasang dan bekerja normal maka tegangan otomatis turun jadi 26v, jadi 50v itu tegangan tanpa beban/semu

      Hapus
  7. kasus saya sama seperti yang agan ceritakan yaitu ic vertikal tv Lg slim cepat panas dan sering jebol.Ic sudah coba saya ganti hingga 3 kali pergantian,namun hasilnya masih tetap sama,coba cek tegangan normal terukur 26v.berarti masih terjadi kesalahan di sebelah mana kalau masih seperti ini gan,apa tegangannya sedikit berlebih yang harusnya umum di pakai yaitu 24v atau bagian mana lagi yang harus di cek gan..? mohon pencerahannya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalin elko2 kering yg bikin cepet panas bisa juga dari baut kurang kencang dan tanpa pasta. Gunanya agar panas cepat diserap oleh heatsink

      Hapus
    2. Dan kualitas dai IC vertikal tsb.

      Hapus
  8. Tv saya vertikal. Ic dn elco 1000/35v.tpi kok masih verikal. Tolg info mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek tegangan 5v IC Chroma.
      Cek soket YOKE mungkin gak nyambung.
      cek tegangan Vertikal dan setelah dioda.
      Cek elko outputnya 35v 2200uf

      Hapus
  9. Warna layar hijau dan berah biru gelap...setelah di cek kata tkng service a lC nya kena.. terus onderdil IC LG baru kosong di solo. Tgl 18.02.2017
    . Apakah benar.. 1 minggu nginep di rumah service

    BalasHapus
  10. Salam kenal gan, sya pnya tv LG PearlBlack 21FU6AD,
    IC 501 = LV76211 3C
    IC 301 = LA78141 (vertikal)
    IC 02 = 24LC16B (Eeprom)
    IC 810 = STR W6554 (PowerSupply)
    Q402 = C6090 (horizontal) .
    Gejala waktu tv di nyalakan dengan remot tv hdup tpi cma gris mendatar trus tv langsug mti, di cba hdupkan lgi tv mti lgi bgitu sterus.y.
    sya sdah gnti IC LA78141 C 2200uf/25v, 1uf/50v, 100uf/35v, tpi gejala masih sperti smula gan, mohon bntuan.y gan, maklum gan msih newbi, bru memperbaiki tv pnya sndiri 😁, mohon di respon gan, n trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pin 2 dan 3 ic vertikal harus ada tegangan 24v atau 26v. Dan pada outnya pin 5 harus ada teganan AC minimal 6v - 12v.
      Cek tegangan 5v IC chroma mungkin hilang.

      Hapus
    2. Elko 1000uf/35v coba diganti...

      Hapus
  11. Tipi ane merk LG flatron model:DR@@@@@@@@ mati total dan setelah ganti FBT kok ada garis mendatar putih dari tengah layar sampei tepi atas layar. Elco 470/35v normal dioda IN4004 normal Filter 1ohm normal dan tegangan tanpa ic vertikal 17vDC 22vAC pin FBT. Mohon pencerahannya & makasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin flyback salah nomor, Kalo tegangan tunggal seharusnya tegangan IC Vertikal 24v/26v. Kalo simetris ya kisaran +14v/ +17v dan -14v/-17v

      Hapus
  12. Masukkan komentar Anda...tv volytron. .. gambar cuman bergaris datar di tengah2. .apakah ic gmbarnya. . LA78141. . jika di ganti ic LA 78040 apkh bisa. . ?

    BalasHapus
  13. klo gambarnya hilang suaranya ada masaalahnya apa ya ?

    BalasHapus
  14. bang tv saya lg slim...cocok ngga ic LA78141 di ganti dgn LA78040 atau sebaliknya.krna saya pernah pasang tp jebol terus ,masalahnya dimana ya bang.mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. LA78141 wattnya lebih besar daripada LA78040.
      Bisa dgn STV9326.
      Bila masih jebol ikuti petunjuk seperti postingan diatas

      Hapus
  15. Saya kasusnya ic vertikal panas gan apa memang sperti itu... Gambar terlihat normal , saya pegang di hatsink sangat panas.. Takut jebol.. Gmna solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saran diatas seperti elko 100uf, 1uf dan elko VCC sudah diganti saya rasa sudah aman, memang panas kalo sudah kisaran 5 menitan.

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. mas tv polytron 21in u slim gambar melebar ikut warna. gimana slsinya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambar melebar biasanya ada C yg kering berhubungan dgn horizontal, bisa juga TR EW out D313 short.

      Hapus
  18. salam kenal bang,,bang berati ic la78040 bisa dganti dngan la78141 ya,,apa ada yang harus dipermak lagi ato ndk,,mohon bantuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yg bisa ada yg engga (timbul garis-garis bagian atas)

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. tv lg ultra slim 21 inc mati standby,, gmna solusinya gan trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek supply ic program mungkin drop. Ganti elko 1000uf25v sumber tegangannya.

      Hapus
  21. mitak batuan mas alex tv lG slim gambar g terang suara cuma deses solusi gmana mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambar gak terang kemungkinan CRT/Tabung udah lemah. Suara desis coba cek sound system rubah ke BG atau IC sound prosessor rusak.

      Hapus
  22. Gan.. Saya ad tv goldstar lama ,pakai ic vert la7833, pertama nyalain gambarnya nyempit dg teg 26v,trus beberapa detik kemudian gmbarnya langsung nyetrip / gris tegangannya udah 30v..apa pengaruh ic vert nya ya.? Soalnya dicari di toko icnya gk ad.. Mohon bantuan infonya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti dulu elko2 seputar IC termasuk elko tegangan.

      Hapus
  23. BANG MAU TANYA TV LG PERL SLIM GAMBAR KURANG TERANG SAJA..GAMBARNYA CENDERUNG SOFT..KURANG TERANG..MOHON PENCERAHAANNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Layar mulai lemah. Coba injek/ tembak screen.

      Hapus
  24. Bang. Tv Polytron minimax heferband.berdesis lalu mati.lampu indikator nyala. Di nyalakan gk bs ngangkat layarnya.cuma percikan cahaya aj.lalu lampu kembali merah. Di bongkar terdapat elco kembung.220uf 35 volt. 25 volt. 50 volt 100uf.dan 1000uf 25 volt. Kembung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin protek, biasanya IC vertikal mati atau hilang tegangan. Cek teg ABL mungkin R nya putus.

      Hapus
  25. bang mau Tanya TV polytron ultra slim teg vertikal yg dri playback 12v naik jadi 33v,padahal B 115v,solusinya gaimana ya,

    BalasHapus
  26. bang mau Tanya TV polytron ultra slim teg vertikal yg dri playback 12v naik jadi 33v,padahal B 115v,solusinya gaimana ya,

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Bang mau tanya Tv saya LG Slim ic vertikal la78141 pada layar berbentuk garis blok segi empat pas di pencet tombol menu tulisannya berada diposisi tengah bawah. kira2 apa ya bang.

    BalasHapus

Entri Populer