Rabu, 26 Mei 2010

Kerusakan Horizontal TV SANKEN BAZZON nicam stereo

     Pada hari minggu yng lalu saya mengerjakan TV SANKEN BAZZON 29" dengan kerusakan mati total dan setelah pengecekan ternyata TR Horizontal short. Mulailah dengan pengangkatan TR tersebut, kemudian cek tegangan ada sekitar 125V berarti ada kemungkinan normal tetapi kenapa TR bisa jebol??? kemudian saya memeriksa bagian Horizontal mulai memeriksa Capasitor satu persatu beserta dioda ternyata normal semua. Saya beranikan untuk mengganti TR yang baru dan...TV bisa menyala tapi logo SANKEN sangat melebar sekali dan tiba - tiba pet..ngik ngik ngik tv mati dan terdengar bunyi Travo inverter berdengik ternyata TR jebol lagi. Akhirnya saya teringat dengan kasus TV LG yang gambarnya melebar cuma kalo di LG TR Hor tidak jebol.

     Setelah saya periksa ulang ternyata ada Capasitor 360n 250v nilainya sudah berubah setelah saya bandingkan dengan yang baru ternyata bergerak separuh dibanding yang baru bila diukur dengan tester menggunakan X100K. Akhirnya saya tidak ragu - ragu menggantinya dengan yang baru dan juga mengganti TR Hor D1557 karena tidak dapat type ini saya gunakan D2638  dan juga mengganti C 1uf 250v.

     Mulailah menghidupkan TV.....dan logo SANKEN sudah tidak melebar lagi sambil saya pegang heatsink TR hor siapa tahu panasnya berlebihan dan ternyata normal.  TV pun langsung OK...!!!
    
Demikian sedikit tips untuk anda semoga bermanfaat...

9 komentar:

  1. TV Sanken Bassoneye 14". Tdk bisa terima siaran TV. Teg 33V, 5V dan tombol Menu, Vol, Search channel OK. Lokalisasi gangguannya dimana? Mohon pencerahan. Tks. B.Hardjo Makassar.

    BalasHapus
  2. Cek semua tegangan pin tuner, AGC minimal 4volt untuk yg VCC BM 5V, tegangan BAND swicth VL, VHF dan UHF, Teg VT bergerak naik gak dari 0 - 33V. (untuk TUNER biasa/bukan data)

    Belum lama ini saya mengganti tuner TV Sanken Bazzon eye karena tidak dapat siaran, Tunernya masih tuner biasa dengan VCC 9V.

    BalasHapus
  3. tv sanken st2103 kerusakan hampir sama seperti diatas tapi flyback memang sdh rusak trus sdh di ganti dengan yg baru kemudian tr.hor juga sdh diganti, bertahan hanya 2 hari tr short lagi, kira2 apa yg komponen yg rusak. Tr. hor.nya MD1803. tapi apakah sama tr.hornya dengan 2sd1803 ?. trims

    BalasHapus
  4. Hadi: Mungkin TR tsbt panasnya lama kelamaan semakin meningkat dan berlebihan, sebaiknya ganti dgn TR yg cocok dan tidak panas berlebihan. Cek juga bagian drive horizontal mungkin ada elco kering.

    BalasHapus
  5. sanken tipe stc 2059000142 tv mati total dan kerusakannya sama dengan posting anda, tp b+ naik sampai 175v setelah saya cek semua elco sama dioda normal2 saja tetapi tetap saya ganti semua,tegangannya pun tetap sama akhirnya saya ganti dengan GACUN agar mendapatkan tegangan yang normal tetapi tr horiontalnya tetap jebol walaupun saya ganti dengan tipe yng sama apakah bisa dipastikan tr hor tidak asli atau flyback nya yang rusak trims.

    BalasHapus
  6. Tegangan B+ naik biasanya ada R dibagian adjustment/umpan balik ada yang nilainya berubah atau molor (dekat optocoupler)

    Untuk TR hor jebol sebaiknya cek atau ganti capasitor2 sekitar flyback yg berhubungan dgn horizontal, bisa juga karena flyback rusak.

    BalasHapus
  7. Malam Bang Alex,
    Aku ada pasen TV Sanken Symphoni 21 inch, siaran TV nya seperti klise, gak ada suara (kmeresek), AV normal

    Kira-kira apanya Bang???

    BalasHapus
  8. Cek bagian IF detektor, kalo ada coil AFT atau IF38,9 ganti aja dan di trim yg benar.

    BalasHapus
  9. saya menemukan solusinya untuk TR yg sering jebol LG21FU3RL, ganti aja dengan BU2527AF dijamin cool

    BalasHapus

Entri Populer