Jumat, 03 September 2010

Service Toshiba TV Projection / Proyektor


Ada panggilan service ke rumah konsumen dengan kerusakan gambar warna biru meluber tidak fokus dan setelah beberapa menit tiba2 gambar seperti kehilangan sinkronisasi.

Langsung tertuju pada bagian depan dan membukanya, maka terlihat ada 3 tabung proyektor terlihat bagian ekornya yaitu tabung R, G dan B.
Dan di sebelah kanan ada bagian Adjustmen Fokus dan Screen untuk masing2 tabung.
Saya coba untuk menjust fokus warna biru dan hasilnya masih belum dapat fokus yang maksimal.
Akhirnya diputuskan untuk mengganti soket dengan yang baru. Dalam penggantian soket disarankan menggunakan yang asli karena bila mengunakan yng biasa, biasanya sering terjadi loncatan HV di dalam soket tsb sehingga akan terjadi ganguan pada gambar.

Kasus pertama sudah selesai sekarang yang kedua setelah beberapa menit gambar kehilangan sinkronisasi tetapi suara normal gak lama kemudian gambar kembali normal dan begitu seterusnya.
Pengecekan tertuju pada Card Horizontal oscilator setelah dilepas disolder ulang, cek kristal B500F dan card dipasang kembali. Mulai menghidupkan TV dan sepertinya masih belum ada perubahan. Sambil dihidupakan coba periksa card satu2 sambil ditekan dan ternyata gambar normal. Dan sepertinya hanya kendor pada card tuner detektor. Dan saya ambil kesimpulan gambar tidak sinkron karena dari tuner detektor.

Setelah beberapa menit penyakitnya kumat lagi...
Setelah proses yang melelahkan ternyata kerusakan tidak singkron tadi pada blok video karena lemahnya signal gambar yg masuk. Ada beberapa elko senlai 22uf sebagai kopel input video dan diperkuat oleh satu buah transistor.

Kerusakan lain yang sering terjadi pada TV Projection yaitu Gambar antara R, G dan B tidak center, dan biasanya agak melengkung dibagian bawah. Kerusakan pada Rangkaian konvergensi dan biasanya ada R atau STK konvergensi rusak. Pada pemasangan STK jangan lupa memberikan pasta agar panas STK benar2 diserap oleh heatsink
Hal yang sama bisa juga dari settingan konvergensi berubah tetapi hal seperti ini jarang sekali.
Kerusakan yang lainnya sepertinya tidak jauh beda dengan TV CRT biasa.

Demikian sedikit pengalaman saya untuk anda semoga bermanfaat.

14 komentar:

  1. Mas mksh ya ...artikelnya.wah sebenernya aku buta ttg internet ,kalau ikut member itu gratis gak...iseng" bkn blog .

    BalasHapus
  2. gimana ya mas,,,tv toshiba projecktor saya ,,nyala tapi tidak ada gambarnya ,,apanya yg rusak ya mas

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Dicek dulu pak, kalo Power supply / STRnya agak mahal

      Hapus
    2. Total perbaikan kira2 brapa paling mahalnya

      Hapus
    3. Brapa pak paling mahalnya, perkiraan

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Klo mati total, berapa biaya service nya pak
    Telp ke 087886677421

    BalasHapus
  6. toshiba tv proyektor 50a9ue hanya ada garis horizontal saja, ic vertikal dingin saat hidup..! apa pa penyebabnya kira2? mohon pencerahan pak. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  7. Cek tegangan IC vertikal, bisa juga dari oscilator gak kerja.

    BalasHapus
  8. Artikelnya bagus,tapi gak sama dgan kerusakan tv sy yg dirumah.rusaknya mati standby alias gak bisa start.apa ya kerusakanya? Trims minta bantuanya bang.

    BalasHapus
  9. persis kerusakan toshiba 50js9ue seperti ini. STK nya apa mudah didapat di toko spare part komponen elektronika ? posisi saya di bandung. tks.

    BalasHapus

Entri Populer