Jumat, 12 November 2010

LG Super Slim 21FL1RD TR Horizontal cepat panas.

LG Super Slim 21FL1RD mati total

Hasil pemeriksaan ditemukan TR Horizontal C6092 dan TR fet K2961 jebol penyebabnya adalah C12n2000v kering.
Setelah penggantian komponen2 yang rusak dan tv dihidupkan saya dapatkan TR horizontal cepat panas dan gambar kurang melebar. Akhirnya coba mengganti Capasitornya dengan 2 x 6n2 yang stu dipasang ditempat semula dan yang satunya di paralel dengan dioda dumpernya dan setelah dihidupkan tv sudah kelihatan hampir sempurna gambarnya tapi setelah disentuh TR horizontalnya masih sama panasnya cepat meningkat.

Apa penyebabnya..?? semua elco sudah diperiksa dan diganti yang mencurigakan dan hasilnya tetap sama. Akhirnya coba gonta-ganti TRnya hingga ahirnya dapat TT2222 punya Samsung. Setelah dicoba beberapa menit hingga berjam2 tidak ada masalah.

Yang mengherankan kenapa dengan TR yang sama tv tidak bisa bertahan, apakah TRnya gak asli, atau ada masalah pada flyback, tapi gambar normal. Beda dengan LG Ultra Slim setelah ganti komponen yang sama TV kembali OK..

Jangan salah mengganti R tegangan dari B+ ke Flyback, ganti dengan  minimal 1 atau 0,5 ohm. karena bila ada selisih tegangan 1volt maka tv akan protek, karena ada sensor OCP yaitu TR PNP BFxxx, bisa juga diganti dgn A1015.

Kerusakan lain Tv LG adalah setelah dihidupkan beberapa menit atau beberapa jam tiba-tiba Tv Standby kadang mati total, ini disebabkan power suply sudah melemah akibat pemakaian dan suhu yang panas contohnya LG yang menggunakan STR W6754 ( seperti yang dipakai Tv Sharp )

Pertama hidup tv normal-normal saja, lama kelamaan gambar mulai menyempit kiri kanan dan sepeti gambar tidak sinkron, kerusakan pada IC KIA78R09 yang pada outputnya terukur mulai berkurang dari 9v.

Ketinggian / over vertikal size akan mengakibatkan cut off pada gambar, contohnya setelah penggantian yoke yang beda nilai ohm vertikalnya gambar dan suara tidak muncul. Caranya besarkan nilai Ohm R ke ground pada out Vertikal setelah muncul gambar diatur lagi melalui service mode.

Hanya berbagi dan semoga bermanfaat..

22 komentar:

  1. Makasih info nya bos..
    Maju trus alextro servis.!

    BalasHapus
  2. salam kenal ikhsan ,gresik,trima kasih atas postingan nya,cuma skdar saran foto tv nya waktu rusak,mohon gambar pcb nya di ikut sertakan,biar jelas,mhn izin numpang baca& salam sukses ya

    BalasHapus
  3. To Ikhsan terimakasih atas sarannya.

    BalasHapus
  4. Siang pak. Mau tanya nih tv LG 21FL4RG-TS TV nya hidup cuma uda 10 menit atau 1/2 jam mati jadi standby di start hidup lagi. Uda beberapa menit standby lagi. Kira2 apanya yang rusak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek power suply mungkin drop/ ganti STR, ganti IC KIA78R09.
      Ganti elko VCC drive horizontal.

      Hapus
  5. flyback tv lg 21fl1rg t3, nomor flybacknya brapa gan? Soalnya punya ane nomor flybacknya udah kusam gk kliatan nomornya nih. Thanks

    BalasHapus
  6. Numpang tanya persamaan nya TR k2961 apa ya,krn di tmpat sy gak ada tu barang,jadi saya cari persamaan nya.TKP lumajang

    BalasHapus
  7. Salam kenal semua teman2 sepropesi di seantero dunia...!

    BalasHapus
  8. Saya berasal dari sudut negeri ini sebelah barat tepatnya,dari Simeulue island....!

    BalasHapus
  9. Mas mau tanya, tv saya sama persis kaya gitu kerusakannya, tiba2 mati tapi ada suara cit2 di belakangnya mas udah gabisa nyala lagi, apa yg harus di benerinnya ya mas ? Makasih sebelumnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerusakannya mungkin sama dengan postingan diatas karena kebanyakan seperti itu.

      Hapus
  10. wah mantap nie postingan.a terimakasih bos banyak manfaaatnya

    BalasHapus
  11. bg, tv polytron protek vertikal, setelah saya gnti ic vertikal kembali normal, namun 2 hri kemudian tv protek kembali..kira2 apa solusinya y bg...

    BalasHapus
  12. Nomer seri playback LG 21FL4RG BERAPA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6174V-6006V
      Bisa pakai 154-177B tapi bila kaki 7 disolder ke ground harus dipotong.

      Hapus
  13. nomer seri flyback LG21FL1RD-T3 berapa ya om,stikekernya dah hilanG.

    BalasHapus

Entri Populer