Senin, 02 Maret 2015

Kerusakan Tv Philips Mati Standby

Philips menurut saya tv yang lumayan rumit memperbaiki kerusakannya karena tv ini banyak sekali system proteknya seperti yang pernah saya tulis pada postingan yang lalu.
Kerusakan yang lumrah biasanya pada elco yang kering atau saklar yang sudah mulai aus dan solder kendor.

Kali ini tv philips dengan kerusakan tv bisa menyala dan ada keluar gambar lalu kembali standby. Adjust screen tidak membuahkan hasil.

Bila diamati saat keluar gambar kelihatan normal, artinya semua warna masih lengkap.
Kerusakan ada pada protek IK akibat melemahnya emisi CRT.

Yang seperti ini seperti ini mungkin masih bisa di perbaiki dengan menonaktifkan protek IK tapi saya belum mencobanya karena jarang sekali dapat tv merk ini.

Yang telah saya lakukan adalah menaikkan tegangan Heater yang tadinya hanya terukur 4v dan setelah menjumper 2 buah L filter tegangan heater naik menjadi 5v dan tv bisa kembali normal.



Namun bila warna sudah agak kehijauan, kemerahan atau kebiruan artinya salah satu katoda sudah sangat lemah maka sudah tidak bisa diperbaiki kecuali ganti dgn CRT baru.
Demikian sedikit pengalaman dari saya mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer