Minggu, 28 Februari 2016

Ciri-ciri Tv Rusak Flyback


Kerusakan pada flyback sering terjadi dengan gejala bermacam-macam. Ada yang masih menyala led indikatornya ada juga yang kelihatan mati total.

  • Yang masih menyala indikatornya kebanyakan Tr Horizontal masih aman dan flyback tidak short ke ground. Ini karena tv keburu dimatikan atau tv dilengkapi pengaman seperti R fuse atau system protek. Kerusakan seprti ini cara deteksinya dengan mengukur tegangan B+ sambil nyalakan tv, biasanya saat flyback akan bekerja tegangan langsung drop.
  • Kerusakan dengan gejala indikator mati. Ini disebabkan karena TR horizontal short.  Kerusakan seperti ini kadang bikin kita mesti mengulangi dengan mengganti TR horizontal yang baru untuk memastikan apa penyebab TR horizontal short karena bisa saja disebabkan dari yoke yang hangus atau gangguan pada horizontal oscilator.
  • Kerusakan karena flyback itu sendiri yang short ke ground yang mengakibatkan tv mati total. Sering kita jumpai dari bermacam merk tv. 
  • Pada flyback LG yang ada capasitor untuk tegangan tingginya  sering short pada capasitornya. Ini bisa diukur pin anoda dengan ground capasitornya dengan skala 100k untuk memastikan kerusakannya.
  • Kerusakan flyabck lainnya bisa kita lihat dari kondisi flyback itu sendiri, ada yang saat dinyalakan mengeluarkan percikan api, ada juga yang kondisi flyaback sudah rusak fisiknya seperti pecah, gembung atau hangus.
  • Flyback setengah rusak, pada Tv Sanyo ada sering mendapatkan rusak seperti ini dengan gejala tv protek, setelah dibuka proteknya tv bisa menyala tapi gambar buyar dan melebar.

Sekian semoga bermanfaat....

1 komentar:

Entri Populer