Jumat, 04 November 2016

Tips agar terhindar dari kesalahan service

Beberapa tips agar terhindar dari kesalahan service yang tidak disengaja:

1. Solder ulang

  • Pastikan semua tegangan sudah habis, terutama yang masih tersimpan pada capasitor yang nilainya besar.
  • Pada power supply biasakan mengosongkan dulu elko 400v/ 100 -220uf karena efeknya bisa tersengat listrik atau TR reg/ Ic power supply bisa rusak.
  • Kosongkan Capasitor supply IC Power audio biasanya tegangannya kisaran 12 - 24v, pada tv Sanyo dan LG Slim elko tsb sangat berdekatan dengan reg 5v IC program, karena bila bersentuhan akan fatal jadinya ic bisa rusak/ short.
  • Jangan membiasakan timah terurai melambai saat penyolderan karena bisa bikin short ke yang lain.
  • Setelah solder ulang periksa kembali jangan sampai ada yang beradu/ koslet.


2. Kesalahan analisa kerusakan.

  • Biasakan pengecekan lebih teliti sebelum memfonis kerusakan. 
  • Bila pesawat mati total utamakan pengecekan tegangan terlebih dahulu dan cek komponen yang short, terutama TR horizontal, dioda penyearah, capasitor ataupun flyback.

3. Kesalahan karena lalai

  • Cek kembali semua kabel dan kelngkapan saat akan menyalakan tv,
  • Cek kabel ground CRT, cek dibawah mesin apa ada sisa-sisa timah atau ada benda-benda yang mengandung unsur penghantar lainya yang bikin short.

Demikian sedikit pengalaman dari saya semoga bermanfaat, khususnya buat pemula yang mau mendalami ilmu service tv.

3 komentar:

  1. Sangat membantu om, oiya saya ferry dari surabaya salam kenal

    BalasHapus
  2. Oiya mau tanya tv saya merk lg 21" ultra slim. Kerusakan awal tampilan dilayar menyempit dari atas bawah sampai menengah, setelah saya matikan terus nyalakan beberapa detik normal terus menyempit lagi. Sekarang malah gak nyala sama sekali setelah saya ganti ic STR W6554A. Pertanyaan saya itu yang bermasalah apanya ya om. Maaf sebelumnya saya msh awam dgn elektro mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerusakan pada IC vertikal atau ada beberapa komponen pendukungnya seperti elko.
      Itu STRW6654 IC untuk power suppy tidak ada hubungannya dgn gambar menyempit atas bawah.

      Hapus

Entri Populer