Jumat, 14 Oktober 2011

Macam - macam kerusakan/gangguan bagian Vertikal.

1. Tv Polytron MX vertikal doubel VCC salah satu tegangan drop dan tidak stabil akibat elco melemah.


2. Tv ASATRON vertikal doubel Vcc, kerusakan pada dioda pump up tegangan +15v sehingga pada kutub + dioda menjadi 0v.


3.Tv LG pearlblack kerusakan elco output 25v2200uf gembung dan berubah nilai kapasitansinya.


 4.Kerusakan karena putusnya salah satu Coil / email vertikal, pada Tv Sharp Alexander sering putus bagian bawah.

53 komentar:

  1. malam pak.. mau tanya pak
    dpt servis tv lg29" black pearl
    kerusakan vertikal, udh di ganti ic nya msih bergaris jga & ic nya panas ,,pake ic stv9326,elco udh d gnti smua.msih brgaris
    tolong pak solusi nya

    BalasHapus
  2. Cek outputnya ada 12v gak?
    Coba lepas d_yoke (coil) vertikalnya apa msih panas (walau cuma hidup sesaat)

    BalasHapus
  3. Satu lagi: body IC jgan sampai berhubungan dgn ground.

    BalasHapus
  4. output nya dr ic 12v gak keluar pak.
    memang ic nya pake heatsink & saya pasang menyentuh. yoke nya belum saya buka.sblm nya terima kasih atas info nya.
    akan saya coba.
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  6. Nmpng tanya mas,tv sony trinitro kv-G21P1,gambar kebiru2an,warna hijau agak nglobor,semua tegangan rgb normal.Mhn bantuannya mas!Trimakasih

    BalasHapus
  7. Mungkin CRT/tabungnya dah kena.

    BalasHapus
  8. mas mau tanya tv detron 14" gambar keluar suara tidak keluar, tapi untuk AV suara dan gambar keluar, untuk apa VCO udah tak trim ternyata tetep ngak ada suara, mohon solusinya terima kasih...

    BalasHapus
  9. Coba ganti coil suara dan CF5,5.
    Ngomong2 mgunakan ic apa saja tv detronnya.

    BalasHapus
  10. PAK ..
    saya mau tanya TV Lg 21" FLATRON
    kalau di hidupkan,sekitar setengah jam suara nya jd kresek & gerakan volume + lambat.
    udah saya solder ic control,ic memory,& ic audio nya .
    masih saja kresek jika hidup lama.
    di mana lg kerusakan nya pak ?
    tlg solusi nya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PAK..
      Punya persamaan flyback TCL 29"BSC29-0165.
      no yg lain...
      no yg di atas tdk ada jual.
      tlg pak solusi nya ?

      Hapus
    2. sudah saya bawa ke agen pak.
      mereka bilang yg rusak IC PERIPHERALS.
      MaaF PAK & TERIMA KASIH ATAS INFO NYA

      Hapus
  11. Crt nya memang rusak mas,saya tes pake mesin tv china gambarnya sama,terus kalo mesin tv sony nya saya pake crt biasa bisa gak mas?Takutnya ada masalah gituh,sayang nih mesin bgs tapi nganggur.Trimakasih mas.

    BalasHapus
  12. PAK . SAYA DAPAT SERVIS TV PANASONIC FLAT 21"
    KERUSAKAN PROTEK..
    SAAT SAYA CEK YOKE NYA TERBAKAR.SAYA GANTI DG YOKE FLAT..MALAH MSH PROTEK,,VCC OUT IC VERTIKAL NYA GK KLUAR..
    APA KRNA YOKE NYA TDK COCOK ATAU YG LAIN
    TLG SOLUSI NYA PAK.TERIMAKASIH

    BalasHapus
  13. Sepertinya bukan dari yokenya.
    Coba ganti elco2 di power suply terutama yang 25v 470uf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok pak..akan saya coba.

      Hapus
    2. TP PAK,
      YOKE LG PAKE TUK TV PANASONIC APA GK MASALAH PAK.
      PANASONIC MODEL BARU PAKE IC TEMPEL TUK SEMUA FUNGSI.
      SAYA HIDUPKAN,SCREEN DI FLYBACK SAYA NAIKKAN.
      LAYAR NYA NYALA TP VERTIKAL NYA KURANG 1 CM.TRUS LANGSUNG MATI.
      AKAN SAYA COBA SARAN BAPAK. NANTI AKAN SAYA KABARI LAGI

      Hapus
    3. STR perlu dicurigai sblum jadi tersangka,
      kemungkinan juga protek EHT, cek jalur heater.

      Hapus
    4. STR nya udh di ganti tp msih juga protek..
      mksd nya protek EHT ?

      Hapus
    5. tlg pak solusi nya. STR udh di ganti..

      Hapus
  14. elko 470uf 25v di power supply nya gak ada pak.
    hanya ada elko 1uf 50v dg 10uf 50v.
    klw di output regulator nya ada,dkt ic switching power on/off nya.
    jalur heater gak ada R yg putus.
    b+ 135v..
    apa karena b+ nya telalu tinggi.
    protek arus nya ngedrof semua.
    tlg pak solusi nya. di tunggu

    BalasHapus
  15. Permisi Boss.... numpang nanya, LG Flatron gambarnya melintir seperti tv jadul yang H-Holdnya kebesaran, dan displainya bergetar naik turun, tegangan sudah saya cek dan kayanya normal semua, kira -kira bagiaan mana yang harus di obrak-abrik Boss? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti IC memori atau rejust vertikal shift/V-line/v-score atau coba lihat kiriman di
      https://www.facebook.com/photo.php?fbid=284608164908376&set=a.261264117242781.57085.251843474851512&type=3&theater

      Hapus
  16. permisi gan numpang nanya samsung chassis ks9b,ic vertikalnya la78045.b+normal,flayback kerja beberapa detik teganganya turun mhn bantuannya,tanks

    BalasHapus
  17. ic vertikal LA78045 kl dicabut tegangan b+ dan flayback normal,diganti ic vertikalnya sama saja mhn solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti C681p 2Kv pada colector Hot to AFC

      Hapus
  18. Selamat siang pak
    saya ada servis tv LG 21 flatron
    kerusakan vertikal..
    volt dr flyback 26V jadi 52V,jd ic vertikal nya jebol terus..
    apa penyebab nya mas..
    flyback uda di ganti,dioda untuk 26 volt udh di ganti..
    ttp aj volt nya jd 52V..
    tlg pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin salah ganti flyback.

      Hapus
    2. masih pake flyback yg lama ...

      Hapus
    3. tahu persamaan ic pak
      KA 393 8 KAKI 4 BARIS 4 BARIS
      TDA 7057Q/AQ 13 KAKI (QILP)

      Hapus
  19. output flyback yg laen ok..
    heater & high volt nya normal 3,5 vollt dg 180 volt..
    cuma output 26 votl jd 52 volt..
    Tr k2961 udh di ukur bagus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana bang eddy dah kelar belum tvnya kl dah kelar tolong di share bang krn gue juga punya masalah yg sama

      Hapus
  20. bos mo nanya nich...saya dpt servisan panasonic dgn chasis TC-21RX20J.dgn problem tv samaskl g nyala dgn lmpu indikator wrna hijau.teg.B+ nya ada.kira2 apanya bos yg jd mslah.mhon solusinya.mksih....

    BalasHapus
  21. pak tv samsung layarnya gelap setelah screen dinaikan layarnya terang tapi gambarnya melebar keatas & kebawah tolong pencerahan pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kiri kanannya bgimana? bila ikut menyempit berarti kekurangan B+. Bila B+ normal dan kiri kanan normal coba masuk service mode atus V-SIZEnya.

      Atau apa setelah penggantian d_yoke?

      Hapus
  22. Salam Boss mau tanya:
    Kenapa ya di TV Sony 14" ada titik putih diatas apalagi pas gonta ganti chanel terlihat jelas banget titik putih bergerak ke atas dan ke bawah??
    kira2 kerusakan apanya ya?
    makasih sebelumnya. sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek elko 400v power suply dan elko lainnya.
      Resolder blok IF.

      Hapus
  23. bro saya ganti mesin crt ny milikny sanyo flat.trus ku pasang mesin punnya an lg..tp stelah nyala gambar kanan kiri gak penuh kapasitor udah tak rubah bisa penuh tp gambar mlengkung...mohon solusiny sbelum nya makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa mesin LG nya ada rangkaian pincushionnya (EW) untuk mengatur kelebaran gambar dan cacat bantal (pincushion)? Kalo gak ada ya gak bisa karena tv flat mesinnya dilengkapi rangkaian ini.

      Hapus
  24. tuk mesin nya kpunyaan lg slim,apa emang ga bisa d pakek buat flat,maaf bro masih awam soal tv
    ?

    BalasHapus
  25. pak mau nanya nih.. klo IC vertikal yg cocok utk TV merk GIATEK itu type IC nya yg mna ya..?
    dan harga nya sekitar brapa ya..?
    saya mau mastiin ja..
    soal nya TV saya lagi di betulkan di tukang service.. dan katanya perbaikan nya sampai 95 rb..menurut bapak itu gmna ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Service itu artinya JASA, jadi gak ada batasan yg pasti untuk jasa.
      Saya rasa itu harga standar + garansi.
      Malah kadang ada yg lebih dari itu tergantung merk dan kondisi tvnya.

      Hapus
  26. mas aku mau tanya ni aku ada tv sanyo gambar ok tulisan tek bawah sebelah kanan naik ke atas,dan ic vertikal cepat panas itu masalahnya di bagian mana ya , jenis tv sanyo menggunakan ic vertikal la7846 bantuin dong mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya IC vertikal memang panas.
      Teks naik sebelah kanan kemungkinan pemasangan yoke miring.

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  28. malam pak,
    sya dpt servis tv polytron slim,gangguanya gambar tdk ada,tp suarnya ada.
    teg HORzontal ada,vertikal tdk ada.solusinya bgaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Polytron type ini biasanya vertikal tidak bekerja tv akan protek/kembali standby.
      Coba putar screen dan cek tegangan G2.

      Hapus
  29. makasih pak.....

    lagi2 saya mau tanya nih

    tv polytron u-slim gejala nya vertikal garis d atas (bukan d tengah),ic menggunakan LA.ic sudah d ganti (masih vertikal).kra2 bagaimana ...?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek tegangan mungkin ada yg hilang, ganti elko pump up 35v/ 100uf.

      Hapus
  30. salam kenal boss,,saya punya problem 14R20 IC TB 1226 DN standby lampu kedap kedip
    mohon solusina?? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. gagal horizontal, mungkin protek IC vertikal rusak.

      Hapus
  31. Slamat malam....Tv sharp alexander type 51dxf550e, tombol menu dll kecolok kedalam sama anak saya. Setelah dibenerin posisinya dengan jalan buka casing, kok malah tv gak nyala sama sekali. cuma terdengar bunyi dengung apabila on dan led tidak nyala. Tolong solusinya pak ...trima kasih

    BalasHapus

Entri Populer