Minggu, 23 Oktober 2011

Tv Samsung DNIeJr mati total

     Samsung DNIeJr mati total, stlh dicek tr hot jebol. Angkat tr cek B+150v, mungkinkah B+ naik? Ganti R, IC KIA431 tidak membuahkan hasil B+ masih tetap 150v.
Coba ganti tr baru Tv bisa start dan B+ turun jadi 123v sesuai tertera di pcb, tapi baru beberapa detik TR Hot panas sekali belum sempat keluar gambar.

Pengecekan tertuju pada daerah horizontal out, cek Capasitor, Dioda, bahkan sampai cek yoke semua masih oke.
Coba ukur tegangan keluaran flyback ada semuanya.

Sambil berfikir coba dihidupkan kembali dan ada suara flyback nyembur lalu bunyi cerrr pada flyback dan pegang TR hor ternyata panas sekali.
Fikir saya ada masalah pada osc atau kemungkinan TR hor kurang drive.

Dan ternyata memang benar setelah diukur tegangan drive horizontal cuma 8v, artinya tegangan drive tidak dapat tegangan feedback dari flyback yang diambil dari tegangan +16v IC vertikal,, dan ternyata rusaknya dioda IN4004 yang terukur masih bagus tapi sudah ngepong.

Akhirnya langsung ganti dengan IN4007 karena cuma ini yang ada.
Coba hidupkan Tv sambil diukur tegangan pada travo drive hor sekarang sudah ada tegangan 15v karena setelah dioda ada R56 OHM dan tv pun sudah bisa menyala normal...alhamdu,,,,,,,lillaah....

182 komentar:

  1. tv samsung 21" layar gelap.
    tlg pak solusi nya.
    apa mungkin dr tabung nya udah lemah.

    BalasHapus
  2. mas alex mhn bantuannya neh,,kebetulan sy ketemu dgn samsung penyakitnya sama persis seperti artikelnya samsungnya mas.cuma beda tipe.ini makai ic croma TDA 9692ps/....FBT FOK14A001.prog MSP 3495G.ic Ver LA78045.awalnya sih matot.sy cek tr hornya mati.ganti lagi putus lagi.sempat sy pikir FBT nya yg rusak tapi msh pke.milar nyapun bagus.sioda.ic 431 msh bgs.anehnya mas,,,bila pin -16.5v dr fbt sy lepas yg ke dioda menuju ic ver tv bisa hidup lama cuma layar ngak penuh setengah diatas normal setengah lagi dibawah gelap.kira 2x apa masalahnya ya mas.sy coba make trik mas ganti dioda yg 1N4007,blum ada hasil.sy cek resistor R56 ohm seperti artikelnya mas ngak ada di chasis itu resistor nmr berapa ya.apa kah kemungkinan ic ver nya yg short.mhn solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. TR horizontal cepat panas dan jebol bisa kemungkinan dari teg drive horizontal drop yang diambil dari vcc +16,5v vertikal, jadi bisa kemungkinan ada masalah dariIC vertikal.
      Coba lakukan pengecekan tegangan pada travo drive horizontal saat tv bisa menyala dan tahan lama bandingkan dgn bila disambungkan tegangan -16,5v.

      Hapus
    2. Mas tlong bantuannya klo tv samsung slim modelcs21b670mlmxxd sy ic regulatornya hangus nomernya tdk jelas mohon bantuannya mas

      Hapus
    3. Kalo 6 pin STR W6753/54,
      Kalo 5 pin 5Q0765RT/5Q1265RT.

      Hapus
  3. benar pak,saya coba sedot solderan +16.5v dan teg -16.5v saya solder/sambung,ternyata masalah sama tr panas.kesimpulan sy permasalahannya di jalur teg -16.5v dan setelah saya cek ketemu dioda zener tipe A22 (entah berapa nilainya) makasih ya pak tv nya sudah beres.

    BalasHapus
  4. bang aku mau nanya...
    tv samsung slim dniejr
    gejalanya semua normal layar biru tapi kalaw di hubungkan antena ke tuner warnanya gelap suara ada
    tv ini sebelum nya kena petir dan mati total
    gimana solusinya???????????

    BalasHapus
  5. Ganti IC Chroma.
    Bisa diakali kalo beruntung, cek teganagn ABL minimal 4v.
    Telusuri jalur ABL hingga ke IC Chroma dan ketemu pin ABL-IN/ BCL-IN normal VCC 4V.
    Pin ini yang sering koslet bila kena petir atau cuma keserempet.
    Coba diinjek dgn memberi tegangan 5v atau dgn menjamper dgn R mudah2an berhasil.

    BalasHapus
  6. mas saya eri dari sei rampah,sebelum nya salam kenal.mas saya punya problem tv digitec ninja ic stv2268c sebelum nya kenak samber petir, jadi tidak mau start setelah saya ganti ic stv2268c nya berhasil start.sekarang punya masalah baru mas, gambar nya naik terus tidak mau berhenti kira kira solusi nya gimana ya mas??? saya udah masuk ke menu code tapi tak berhasil.mohon solusi nya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin memori internal korup akibat kena petir atau bisa juga program ikut kena.

      Hapus
    2. Mas klo tv tcl tabung tdk mau star bgmn selusinya mas tlong bantuangnya mas

      Hapus
    3. Benahi dulu power supply mungkin elko2 sudah banyak yg kering.

      Hapus
  7. mas nambah ni tv samsung model:CB-21M16ML.masalah nya hidup bagus tapi setelah tampil gambar yg dasar nya putih gambar pun bermasalah, putih sedikit menjadi manjang kesamping di sertai suara gemerosok. kalau dasar nya banyak putih hampir tak bisa dilihat gambar nya dan suara nya mangkin parah. mohon bantuan nya mas,sebelum nya saya ucap kan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resolder IC Chroma.
      Cek C pada VCO/AFT filter pada pin 59.
      Cek ABL.
      Ganti elko video 250v/22uf dan resolder RGB.
      Rejust screen secukupnya.

      Hapus
  8. mo nanya nih mas.... tv samsung slim model: CS-21Z57M6.. lampu indikator nyala-hdup lalu mati dan layarpun ga keluar gambar.... kasih solusi mas... terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya fbt gak bekerja.
      Cek VCC drive horizontal, bila 0v cek dioda suply 8v dari regulator.
      Cek B+ sampai ke fbt, cek tr horizontalnya.

      Hapus
  9. askum. .mas mau nanya ni, klo merk: general model: GT-1403 Mati Total terus ada bunyi nyit..nyit, kira-kira genjala kerusakan apa mas ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada yg koslet pada jalur B+, Flyback atau TR hOrizontal.
      Bisa juga regulator drop.

      Hapus
  10. salam kenal mas,saya mau nanya nih mas,sy punya permasalahan sama spt artikel anda ,tp pada samsung cashisnya KS1A . B+ naik 132v, sehingga tegangan out dr FBT keluar sebentar terus turun lg,sy sudah ganti ic 431 beserta R-nya.. sempat hidup normal sebentar,kemudian tr Horz jebol karena panas.setelah pengantian tr Hrz,tegangan B+ naik lg 132v ,, langkah penggantian dioda 4004 sudah sy lakukan tp belum membuahkan hasil jg..kira kira apanya ya mas..mohon solusinnya.... sebelumnya sy ucapkan trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya masalah bukan pada B+ karena setelah tv on biasanya langsung turun menjadi 125v.

      Ganti CR404S / 681p 2Kv dan CR405S/ 472 400v jalur AFC/ S.castle.

      Coba ganti TR dgn type lain.

      Hapus
  11. Mas, tv samsung DNIeJr mati total, bila kabel dcolokkan listrik langsung konslet. STR W6753. Dicek ada kapasitor 102J/800 V yg retak. Susah nyari yang 102 dpt yg 103 setelah dcoba tv bs stand by tp ketika di on. Konslet lg.

    BalasHapus
  12. bang minta tolong nih..tv samsung mati total type sm dgn di atas? setelah di cek ic power regulator mati dan dioda zener 27 volt mati..tp dioda zener sy ganti dengan dioda jenis sm tp bukan zener.setelah dipasang tes tegangan ada cuma naik sampe 150 volt..apakah karna dioda yg seharusnya zener terus sy ganti dgn type biasa pengaruhnya.mohon pencerahannya trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. 150v itu kondisi horizontal gak kerja, coba beri beban lampu atau R 5 ATAU 10K

      Hapus
  13. mas mohon bantuan nya,,,
    ini ada masalah pada tv saya, tv saya pasam, skring nya putus trus saya ganti dan dihidupkan mati lagi tv saya dan skring nya pun putus,, gimana solusinya mas,,,, mohon bantuannya,,,,

    BalasHapus
  14. Mas mohon bantuannya tv saya samsung slim type cs21b860 klu di cari gelombangnya tdk bisa dan vidio normal pada hal tuner sdh diganti teg tuner normal semua, gimana penyelesaiannya terimakasih.

    BalasHapus
  15. mas, sy lg kerja tv samsung DNIeJr penyakitnya TR HOR. cpt panas ,sy cek tegangan travo driver hor.ada 8V tp tegangan feedback yg 16V gak ada,sy cb solder ulang,terus sy nyalain lg tegangan 16Vnya ada dan TR HOR. gak panas lg ,tp klau di matikan terus di nyalain lg tegangan feedbacknya yg 16V hilang lg tdk smpai ke travo driver,bgtu berulang2 klau dimatikan kadang ada terus hilang lg stlah tvnya hbs dimatikan,diodanya sy ukur bgs,kira2 permasalhannya dimn mas?

    BalasHapus
  16. mas mhn bantu ya...saya lagi servis samsung slim 29"deteksi b+150v .apa kmungkinan strx 6750 error.ditempat saya sulit cari str tsbt,adakah persamaannya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa cara kerjanya memang demikian bila tanpa beban tegangan jadi naik. Setelah fbt bekerja B+ akan turun.
      Atau coba cek dulu R dari B+ ke IC KIA431.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. pagi ini saya coba cek dan saya on kan ..tv bisa nyala,beberapa saat kmudian mati dng kerusakan pd tr j 6810 A,dan saya ganti dng TR J 6810 polos tdk mau on/nyala.apa ada perbedaan antara j 6810 A dng TR J 6810 polos ? mhn petunjuk .thx

      Hapus
    4. Ya mungkin TR tsb butuh input lebih besar baru bekerja.
      Tv sudah bisa menyala tapi TR jebol terus kemungkinan kurang drive, cek umpan balik vcc drive horizontal dari tegangan vertikal biasanya dioda rusak.

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Makasih banyak untuk Alextro Service, postingnya sangat membantu saya sebagai seorang pemula. Oh ya klu mau donasi untuk Blognya gmn cara Kang Alextro ? salam kenal Nasrul from Maros Sul-Sel

    BalasHapus
  19. mas .. punten !! aq sedang perbaiki tv samsung 29 inc.. ada suara normal tp tidak ada gambar ... ic vertikal sering panas lebih dan sering rusak lagi .. tp tidak ada perubahan pada ukuran resistornya ..

    tolong dong mas,, aq masih amatiran .. tlong dblas .
    thank's

    BalasHapus
  20. mohon maaf sebelumnya, ada kerjaan tv samsung, model CS-21K10MQ tv ini menggunakan IC TDA9594 PS/ SPM 836. mula2 tv ini mati total, setelah penggantian TR Hout, tv hidup tapi layar gelap tanpa OSD tapi suara normal, Adjust screen FBT layar nyala... tapi dg kondisi kedip seperti lampu blits setiap kira2 2 detik, normal - gelap - normal - gelap terus menerus, suara normal. mohon sarannya kira2 apa yg perlu diganti ya?
    Terima kasih sebelumnya, Mas Alex.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang mau nanyak bera no seri fbtnya trimakasih.

      Hapus
  21. samsung DNIeJr sama kena petir saat tv keadaan off. matot. hangus jalur pcb GND bag depan. cek teg 150v, gnt KA431 dan STR5Q0765RT. FBT gk ada teg out alias lom krj. ada zd 5v bocor dkt chroma, ganti, teg ada 4v7. tp hasil ttp protek. kira2 di bagian mn saya hrs tlusuri mas? trimakasih.

    BalasHapus
  22. beres mas, drpd ribet n mkn wktu, trpksa saya ganti msn cina aja, krn processor kena.

    BalasHapus
  23. samsung slim DNIeJr saya setelah di service tapi kemudian muncul lagi permasalahannya, channelnya ga bisa nge save, dan ga bisa auto search,
    tp tampilan di menu ada untuk autosearch cuma ga bisa di akses,
    terus plug and playnya not available?
    solusinya gimana ma?
    tolong minta pencerahannya :)

    BalasHapus
  24. juga banyak lagi program di menunya yang dulunya ada sekarang ga ada,
    tolong ya minta pencerahannya?

    BalasHapus
  25. Msih sama aja? Pa prlu d ganti no seri sama horisontal nya?

    BalasHapus
  26. mas.... tv samsung slim model: CS-21Z45ML.tr horizontal aslinya berapa ? trafo hor nya sama dengan dnijer.gejala cuma kuat 1 jam -+ tr hor jebol lagi(gambar suara normal).tegangan masuk normal 17 volt dari flyback.capasitor 400v keatas dah di ganti semua.dioda damper dah di ganti juga.minta sarannya mas kira2 apanya yang rusak.

    BalasHapus
  27. mas bro mau nanya, tv samsung model sama persis kaya diatas, kondisi mati total, tidak ada tegangan sama sekali pada keluaran trafo switching, udah tak ganti gacun masih sama, maap pemula mas bro, mksh

    BalasHapus
  28. tv samsung slim, mati total , tr hot short
    setelah dcabut tr hor, lampu inidkator kelap kelip,
    lalu saya pasang tr tt 2222 yang baru , lampu indikator kelap kelip lalu tiba2 tr hor meletup
    kira2 apa mslahnya ya gan???

    BalasHapus
  29. Mau tanya mas tv samsung slimfit DNIe.jr 29 inch model CS29z40.ML dinyalakan sebentar kira2 detik mati trus hidup lagi..gtu trus..kira2 apa yang rusak mas...

    BalasHapus
  30. mas alek aku mau tanya ni aku ada tv samsung dengan masalah gambar gak penuh sebelah kiri dan ada r yang putus dah di ganti gambar bole penuh tapi tombol-tombolnya gak bisa tekan sama gambarnya berbayang itu masalahnya di mana ya mas tolong pencerahannya model tv samsung cs5073z.

    BalasHapus
  31. lam kenal mas. Sy mau tanya,tv sy LG Pearl black 21 inc. Mulanya tiap kali tv di star, hidup tp belum sempat kluar gambar udh mati,gitu terus sy ulang2 dan akhirnya hidup. Tp tiap mau star gitu lg. Lalu saya bongkar dan kusolder smua komponen yg retak2 lalu sy hdupkan lg tv, ehh malah mati total. Kira2 apanya yg harus di gnti? Mohon bantuanya,masih awam mas. Mkasih sblumnya

    BalasHapus
  32. pa tv samsung slim fit dniejr matot. lampu led stand by pun ga nyala? apa nya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lepas tr horizontal mungkin short.
      Penyebabnya bisa dari flyback rusak atau tr hor kurang drive akibat dioda IN4004 rusak.

      Hapus
  33. Assalamuallaikum mas mau tanya kalau tv samsung slim hidup tapi tak bergambar terus kalau di tekan volume baru bersuara, kalau ganti siaran suara hilang namun ktika di tekan volume lagi dia bersuara lagi ,kra2 yang kna apa mas ?mhon pencerahannya ?
    Wassalamuallaikum....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan flyback bekerja,
      cek tegangan di travo drive horizontal,
      kemungkinan dioda IN4004 rusak.

      Hapus
    2. maaf mas,,kayaknyasama kasusnya ni,,,apa dioda IN4004 di ganti yg lain yg gk sama no nya ..jadi gambar ngeblank hitam,,,

      Hapus
  34. Assalamuallaikum masbro,tv samsung teman ane katanya kalo mati listrik atau posisi off terus dihidupkan kembali nyalanya lama sekali bisa seharian baru nyala,kira-kira bagian apanya dan apa yang harus dicek dan di ganti.trimakasih

    BalasHapus
  35. kang,,sy dapat kasus tv Sharp Gread Alehander 29 inch, Croma Tda12156, Fbt JF0501-38501.. dengan gejala ..layar terpotong Vertikal.. smabungan gambar kanan ada di sebelah kiri dengan kondisi agak Hitam..gambar dan suara Normal..coman gambar melipat kekanan... sy mhn solusinya ..mah kasih

    BalasHapus
  36. mas mau tanya//tv samsung slim dniejr.saat di on flyback bekerja sesaat,trs stanby...dgn kluar suara kyk sirene di speker..mohon pencerahan apa yg harus di ganti.dicek??

    BalasHapus
  37. assalamu alaikum wrwbr

    jika berkenan tlg d jawab pertanyaan saya

    baru pgn servis tv samsung slim 21z45ml

    lampu power menyala kemudian sy tekan on kedip5x dan mati
    saya coba ukur fbt tertulis 120v cuma ada 100v
    200v tida ada arus +16,5v -16,5v tida ada arus utk yg tertera 3v 5v 12v cuma ada 1v



    bagian yg harus di ukur voltase posisi stanby apa saja dan bernilai berapa volt

    BalasHapus
  38. Salam sejahtera mas... sy mau tanya kl samsung slim Dnie Jr tidak bisa mendapat siaran atau mengunci pada saat searching program kira2 apanya yg bermasalah....? makasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  39. misi gan ane mau nanya,klo tivi samsung flat 21" CS-21Z57MN ada suara tp gambar cma setengah bagian bwah,,mhon solusinya...trmksh

    BalasHapus
  40. maaf mas mau tanya,tv samsung slimfit 21" gambar gelap total tapi suara normal,setelah dihidupkan -+ 1jam tiba2 gambar muncul,abl terukur normal,kira2 apanya yg bermasalah ya mas,mhn pencerahannya mas..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resolder IC vertkal dan ganti elko pump-up
      Ganti elko teg Vertikal karena tegangan ABL diambil dari sini.
      Cek jalur pin IK mungkin ada dzener bocor atau langsung ganti atau buang saja .
      Ganti elko teg 180v RGB.
      Adjust screen hingga muncul gambar.

      Hapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan tv protek, sering rusak/ koslet pada pin proteknya hingga kehilangan tegangan 5v.
      Coba baca cara mengatasinya pada postingan tv samsung sebelumnya.

      Hapus
  42. Bang mw tanya...tv dengan tipe yg sama...ada kendala layar tidak full dan terdapat bunyi aneh pada suara...kira kira komponen apa yang harus di ganti...mohon di bantu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek B+ mungkin kurang, cek elko2 power supplynya

      Hapus
  43. kang alex kalo berkenan saya minta data eeprom samsung cs-21D500HT kirim ke raffa.smart@gmail.com

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Bos mau tanya...tv samsung sya hidup tapi suara dan gambarnya tidak muncul

    BalasHapus
  46. pastikan flyback bekerja, bila ya kemungkinan ada maslah dgn RGB cut off, bisa dari gangguan IC vertikal bisa juga dari emisi CRT yg sudah berubah (RGB) tidak seimbang.

    BalasHapus
  47. numpang tanya, tv samsung DNIejr, kalo sekitr 1 jam di hidup kan tiba2 gambar ngebleng/gelap, tp suara ada, apa nya ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya dicek saat layar gelap apa flyback masih bekerja.
      Penyakit samsung sering pada layar apabila salahsatu katoda ada yg lemah/ emisinya berkurang maka gambar akan cut off.
      Coba masuk service mode, adjust G2 sampai OK, atur juga RGB agar tampilan warna seimbang/ tidak dominan ke salahsatu warna.

      Hapus
  48. Numpang tanya, sebelumnya samsung DNIejr mati total, setelah ganti tr hor tv bisa nyala sekitar 15menit setelah itu kembali mati. Saat start led power ngeblink 5x dan led mati layarpun gelap. Cek FBT yg ada cuma B+ 120V yg lainnya ga ada. Elco dan diode sekitar tr hor sudah diganti. Ganti IC STRW6753 kondisinya tetap sama. Heater di CRT keliatan menyala. Kira2 kalau kasus semacam ini penyebabnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek teg G2, kalo ada sepertinya kerusakan pada CRT salah satu katodanya mulai berkurang emisinya.
      Pada saat gambar muncul coba masuk service mode non aktifkan AKB lalu atur lagi RGBnya.

      Hapus
  49. Gambar tidak muncul setelah led power ngeblink 5x. Kalau pengukuran pada saat standby kira2 point2 mana yg harus diukur dan berapa nilainya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tegangan standby 5v supply ic program dan memory.

      Hapus
  50. Mohon bantuan bos, STR Tv Samsung DNIeJr 21 " berapa ya so di tv saya nilainya hangus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon bantuan bos untuk nilai c 404 samsung DNIejr 29 inch brapa ya hangus soalnya gmbar nyamping ke kanan

      BalasHapus

      Hapus
  51. Mohon bantuan bos untuk nilai c 404 samsung DNIejr 29 inch brapa ya hangus soalnya gmbar nyampibg ke kanan

    BalasHapus
  52. Gan sya nglamin kasus tv samsung sma dg postingan d atas.icnya pake ic zig zag(49x3f pyf 1000)flyback mau nyembur..tpi ga jdi.sya cek d teg basis tr driver HZT yg smbernya dr ic ..ada sbentar sktar 1vDC,trus ilang lgi.tpi sya cek teg di output flyback,teg -16,5& +16,5.normal.kira2 apanya y gan?(posisi mesin sya perbaiki tnpa tabung.tabung d tggal d konsumen,cma sya bwa msinya sja.apa pengaruh gan?)

    BalasHapus
  53. Bisa kemungkinan protek karena tanpa CRT/ Tabung, Resolder flyback terutama pin yg ke Kolektor TR horizontal, pernah alami TR Drive hor lemah.

    BalasHapus
  54. Mau nanya saya punya tv samsung slim fit seperti gambar di atas ketika di ON tv hidup tapi gambar tidak keluar, suara keluar tapi hilang-hilang dan lampu led nya berkedip-kedip...kira kira kerusakan di mana ya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kemungkinan, cek flyback apa sudah bekerja. kalo belum cek tegangan drive horizontal biasanya dioda penyuply tegangannya rusak. Kalo flyback sudah bekerja cek tegangan RGB, coba naikkan screen lihat apa ada tampilan dilayar. CRT lemah bisa bikin gambar gak muncul.

      Hapus
  55. Mas butuh bantuan nie...tv samsung 21 inc saya tiba2 mati lacarnya blank tapi suaranya ada..kira2 masalahnya dimana....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek dulu flyback bekerja atau gak, cek tegangan Heater dan G2/tegangan screen.
      Parahnya layar rusak/ lemah sehingga gambar jadi cut off.

      Hapus
  56. malam mas butuh bantuan... tv samsung cs29a760sk mati total,lampu standby nga nyala,udah ganti str nya tetep aja nga mau... kira solusinya apa mas... sebelumnya terima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek VCC atau tegangan start pada strnya, sering dioda dzener short atau elko kering.
      Bisa juga di outnya atau B+ ada yg short.

      Hapus
    2. ketemu mas dioda zener nya short,klo masih boleh tanya brapa volt yah kode pcb nya DZ812 posisi pas depan str soalx udah nga keliatan kode di dioda nya ....makasih mas,sory saya masih meraba

      Hapus
    3. Tanpa dioda juga tv sudah bisa menyala, dia hanya pengaman saat ada kEjut listrik seperti petir tdak langsung.
      Nilai dioda kisaran 24V - 27V

      Hapus
  57. gan mau tanya tv samsung DNIejr. raster nyala gambar ga muncul klo ch program di tegan tv nyala tapi gambar mirip terapesium.. kira" opo ne gan. makasih

    BalasHapus
  58. Gan mau nanya nih....tv samsung 29" kalo dinyalain B+nya turun pelan pelan, lampu st by ga hdup. Apa ya rusaknya.......?

    BalasHapus
  59. Malam juragan,sy pnya tv samsung slim fit tvDNie 21" terkadang kalau pagi hari terutama.lampu standby nyala tp begitu di nyalakan lampu standby yg tadinya nyala malah mati. untuk bs menyalakanNya lagi sy harus menunggu beberapa menit.kira" apa penyebabnya juragan mohon penjelasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Coba cek teg B+, tegangan Driver horizontal apa ada, kalo ada hanya sesaat ganti elko 33uf 50v di power supply.
      2.Kemungkin tv sudah nyala tapi gambar munculnya lama tanda2 layar mulai lemah.

      Hapus
  60. Numpang tanya mas, tv samsung sy 29inch barusan kena petir. Stelah cek str x6750 jebol, sy cek lagi, dioda mur480 suplay tegangan ke tr hor trnyata jebol juga. Yg mau sy tanyakn dioda mur480 tdk dpt, gantinya yg berapa ya? Mohon dijwb, terimakasih

    BalasHapus
  61. Sejenis dioda penyearah ukuran 4A 600V.
    Bisa ganti RU4.

    BalasHapus
  62. Ok makasih mas. Sy ada info sdkit, pngganti tr hor tt 2206 gntinya bu 508A. Masukan aja mas. Mau tanya lagi mas, apa sdh ada pngganti str x6750? krna di tmpat saya susah carinya. Mohon djwb, makasih mas.

    BalasHapus
  63. mas mnt bantuanya tv samsung hitron 14 inch,keluhan b+ naik turun di ikuti tmpilan lyr < byar pet >,fet 5Q765RT & tl 431 & opto 831 sdh dgnt tp teg msh naik turun...mhn sarannya mas...suwun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih masalah power supply, coba dicek lagi mungkin ada elko yg mulai kering atau berubah nilainya.
      Bisa juga ada yg koslet atau yoke rusak.

      Hapus
  64. salam kenal mas aku sukiman dr aceh mau nanya,berapa no seri str pd tv samsung cs12z45lm,tlong mas krna str nya hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. STR X6757 atau STR W6750 mungkin bisa pakai STR W6754

      Hapus
  65. kalo setelah ganti ic LA78045 gambar bagian bawah melipat masalah nya dimana om....semua yg berhubungan dgn IC itu udah sy ganti kecuali defleksi, sampai kemenu faktory udah sy buka tapi hasilnya nihil....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek tegangan minusnya atau plusnya mungkin ada yg kurang atau ada elko kering

      Hapus
    2. Maaf bang num0ang tanya,,sama kasusnya sperti tv saya,sdh ganti vertikal bahkan elco ny,tp ttp garis..stlh di cek ad resitor yg putus warna sdh g jelas,warna belakang ny emas emas,trus saya ganti dengan resistor warna coklat hitam emas emas,,gambar ad tapi setengah ke atas dibawah bleng hitam,,reistor asli ny uk brp y,atw uk res sdh benar dan masih ad yg hrs diganti??mohon bimbingan ny bang,,trim's banyak

      Hapus
  66. Masukkan komentar Anda...asslmlkm mas,mau tanya tv samsung slim 21" tr hot TT2206 short dan flyback bsc-0218N juga rusak,saya ganti semua alhamdulilah nyala,tapi gambar horisontal kurang lebar kanan kiri,dan tr hot panas,aslinya nggak pakai pendingin walau saya kasih pendingin tetap panas,apakah karena pergantian flyback yg nggak sama,BSC25-0218N,saya ganti dengan BSC25-0217G,terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek tegangan drive horizontalnya apa ada 12v - 16v.
      Bisa kemungkinan TR gak cocok, ganti dengan TT2222 atau J6810 yg asli.

      Hapus
    2. gambar kurang lebar bisa diadjust lewat service mode.

      Hapus
  67. Bang..di power supplay ada code fd 8015 ..karna rusak, itu nilai nya brp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg warna kuning itu sejenis sekering bisa diganti dgn R 1/2W 0,47 ohm

      Hapus
  68. Om,mau tanya transistor horizontal tv samsung model cs29a760sk, nomerx brapa yah? Atau ada kah persamaan transistor nya? Makasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samsung biasa pakai J6810, D2539 atau TR type lain yg penting cocok.

      Hapus
  69. salam mas.. saya punya kendala di samsung casis KS1A. kendala di audio procesor nya.. out nya ngga ada baik ke power audio maupun ke audio out.. apa ic audio procesor nya rusak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba IC POWER disentuh apa ada suara?
      Pastikan harus ada, setelah itu masuk service mode pilih option audio MONO/STEREO/NICAM sesuaaikan dgn fiture yang ada di tv tsb.

      Hapus
  70. Mas Alex ad no Wa nya ngak mas atau pin bbm nya Mas...??

    BalasHapus
  71. Mas. Mohon bantuannya saya punya tv samsung slim 21" klu baru dicolokin listriknya tv susah nyala. Lednya mati harus nunggu berapa menit baru bisa stanby. Dionkan dr remot. Lednya mati lagi..... Klu udah lama baru bisa muncul gambar. Itupun butuh beberspa menit baru muncul gambar....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Power supply bermasalah, ganti elko 35v 33uf atau 47uf.

      Hapus
  72. Mas mau tnya berapa nilai dioda zenar dz814 bagian power supply pada tv samsung slim

    BalasHapus
  73. sy ada tv samsung KS1A lampu power nyala sekai teg vert normal 5 v ada pd hor driver teg naik lgs nol penyakitnya dimana yach...mhn panduannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Power supply masih belom beres, ganti elko 33uf/ 47uf 35v

      Hapus
  74. Mas mau tanya,tv slim dnijr ga bisa diprogram,mau kemenu program loncat terus,mau kemenu service pakai remot remot tidak berpungsi,cuman kedap kedip sensor remot ga keluar program

    BalasHapus
  75. Mas mau tanya,tv slim dnijr ga bisa diprogram,mau kemenu program loncat terus,mau kemenu service pakai remot remot tidak berpungsi,cuman kedap kedip sensor remot ga keluar program

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin flyback gak kerja atau tv sudah menyala tapi layar cut off.
      Coba adjust screen

      Hapus
  76. mas alex tanya, klo tv slim dneijr samsung cs29z50mn,, gambar berkedip kadang fokus kadang tidak, kalo di putar screen hilang kedipnya tapi gambar jadi gelap,, flyback type FUH29A001V,, mohon solusi mas alaex,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya memang flybacknya minta diganti

      Hapus
  77. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  78. Assalamu'alaikum mas alex.
    Salam kenal mas. Saya dr medan. Punya kasus tv mirip dgn postingan mas alex. Setelah mengikuti petunjuk dr podtingan mas akex. Tv dah bia nyala. Tp gambar masih ksyak trapesium, srprrtinya rangk ew tk bekerja, sy setting dgn faktori, hssil nihi, sy cek d pcb eh ternyata rangk ewe nya gk ada/kosong dr pabriknya. Jd kira2 apanya ya mas alex, mohon bimbingannya. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikum salam,
      Pastikan tegangan B+ cukup.or
      Cek yoke.
      Cek capasitor.
      Mungkin TR gak cocok.

      Hapus
  79. Mas persamaan c5929 tr hor samsung

    BalasHapus
  80. Mas persamaan c5929 tr hor samsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. J6810, C6090, TT2222
      semuanya yg ori jgn yg palsu.

      Hapus
  81. Mas mau nanya berapa nilai R 302 pada tv Samsung 14 in no chassis AA 41-10915R

    BalasHapus
  82. Mas mau nanya berapa nilai R 302 pada tv Samsung 14 in no chassis AA 41-10915R

    BalasHapus
  83. tv samsung dniejr model cs21Z50ml nyalanya lama dan krusakan pada dioda D803. tapi itu ukuran diodanya berapa yah? soalnya udah nggak kebaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. D803 dzener 5,6v pada jalur Hor sink.
      Dzener short disertai R hangus dan 2 buah Capasitor yg harus diganti.

      Hapus
  84. Persamaan str x6750 apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dgn yg lebih besar wattnya misalnya STR X6751/52...X6757

      Hapus
  85. Desember 2018 11.21
    Maaf bang num0ang tanya,,sama kasusnya sperti tv saya,sdh ganti vertikal bahkan elco ny,tp ttp garis..stlh di cek ad resitor yg putus warna sdh g jelas,warna belakang ny emas emas,trus saya ganti dengan resistor warna coklat hitam emas emas,,gambar ad tapi setengah ke atas dibawah bleng hitam,,reistor asli ny uk brp y,atw uk res sdh benar dan masih ad yg hrs diganti??mohon bimbingan ny bang,,trim's banyak

    BalasHapus
  86. Mas mau tanya.klo ic audio buat tv samsung chasis KS9B CS21K10MQ.brpa ya mas tipe ny.soal ny angka ny udah g jelas.brapa ya mas no ic suara ny.masih mas

    BalasHapus
  87. Mas tv sy mati d ponis flyback'y rusak trs seri nya sdh TDK k baca. tipe tv sy Samsung CS-21Z50ML brp seri flyback nya ya mas? Trimakasih

    BalasHapus
  88. Mas mo tanya.samsung slim 29.baru ganti fbtjf-0501-91911.tegangan utk 180 over menjadi 270.apa mmg sgt mas voltasenya.utk elko nya brp mikro dan voltnya.mksh mas alex.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sebelum dioda beri R 10 OHM 2 WATT dan elko ganti dg 350v 10 atau 22uf.
      Kalo gambar normal ya ndak ada masalah.

      Hapus
  89. Mas mau tanya, berapa type fly back untuk tv samsung slim model cs 21z57ml

    BalasHapus
    Balasan
    1. 21" Slim FQH21A004
      21" Slim BSC25-0217G
      21" Slim BSC25-0218N

      Hapus
  90. Kang mau nanya juga seri flyback Samsung model cs-29z40ml berapa dan persamaannya juga.makasih sebelumnya kang.

    BalasHapus
  91. Kang mau tanya juga berapa seri flyback Samsung model cs-29z40ml

    BalasHapus
  92. Mas Tv Samsung 29" DNIeJr saya mati total kira" apanya yah yang harus di ganti.
    Awalnya kerusakan Tv mati lampu indikator nyala berkedip. Lalu saya matikan beberapa lama dan terus saya hidupkan normal kembali. Hal itu tidak sering terjadi hanya terkadang saja. Dan sekarang setelah di hidupkan beberapa lama tiba" langsung mati total. Mohon bantuannya, apa saja kira" komponen yang harus di ganti.
    Maaf saya masih awam pemula masih bisa di bilang baru mau belajar. Mohon bimbingan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kemungkinan STR sudah rusak.
      Bisa juga output power supply ada yg short misalnya Dioda, jalur B+ ada TR horizontal, capasitor dumper atau flyback.

      Hapus
  93. Mas brp nilai 2 buah kapasitor millar dari colektor untuk ew

    BalasHapus
    Balasan
    1. CR401S = 18N 630V
      CR402S = 15N 1600V
      CR403S = 22N 630V
      C499 = 47N 63V

      Hapus
  94. Mas saya punya tv samsung slim DINIeJr, kalo di hidupin bunyi cerrr dari flyback yang nempel di tabung fan tv cepat panas, mohon solusi nya mas terima kasih

    BalasHapus
  95. Mas sy ahmad mau tanya dong tv sy samsng DNIejr klo di matikan trs dihidupkannya lama sekali bisa berjam2 kira2 komponen apa yg rusak ya ,,,terimakasih mas

    BalasHapus
  96. Suhu mau nanya tegangan di str w6753 kaki no 3(18 volt) turun naik kira kira apanya ,,,makasih

    BalasHapus
  97. Suhu mau nanya tegangan di str w6753 kaki no 3(18 volt) turun naik kira kira apanya ,,,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kemungkinan:
      1. Str sudah lemah.
      2. Elko VCC str kering.
      3. Ada yang short pada outputnya terutama B+ sehingga kehilangan umpan balik.
      4. Cek elko B+ dan elko lainnya.

      Hapus
  98. Mohon sarannya gan.
    Samsung slim 14in dniejr..cek b+ stanby tanpa beban 120v..saat di onkan tanpa beban perlahan2 naik jd 140+..kira2 apa kendlanya ya..
    Pengecekan tanpa tr hor.

    BalasHapus
  99. Maaf mas numpang tanya.
    Kalau untuk tv samsung flat type CS-21M16ML, playbacknya type berapa ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
  100. Bang numpang tanya berapa no seri FBT tv Samsung Flat tipe CS-21K10MQ..? Seri fbtnya sudah hilang

    BalasHapus
  101. Suhu numpang tanya. Berapa no seri ic str dan tr hor yg asli pakaiannya buat tv samsung model CS-21K10MN. Terima kasih sebelum nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo 6 pin STR W6753/54,
      Kalo 5 pin 5Q0765RT/5Q1265RT.

      Hapus
  102. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  103. b+ normal samsung cs29k10mq berapa gan..

    BalasHapus
  104. Mas saya servis tv slim pake str 5Q0765 snaya copot mesin dr tabung dan defleksi power bisa normal tetapi STLH saya pasang ke defleksi dan kelayar muncul suara kretek dan power langsung mati dan vcc str dpt dan zener 27volt langsung rusak trimk

    BalasHapus
  105. Suhu mau tanya, komponen kode c411 terbakar, nilai komponenya brp ya suhu? ini samsung CS14C600KL.? Terima kasih suhu

    BalasHapus
  106. Ma.af mas mau nanya samsung slim tegangan b+150 resistor yang menunju ke feeddback masih oke cuman tegangan yang 12 vol jadi 9vol dan juga tegangan 3,3vol kadi 4vol mohon solusinya

    BalasHapus
  107. Mantap.. terima kasih Alextro Service..postingan anda sangat membantu buat teknisi pemula seperti saya. Salam dari malang jatim

    BalasHapus
  108. Malam mas maaf nanya malam2 nih kepikiran tv samsung nya sesuai dengan postingan samsung slim DNijer kasusnya matot lampu standby juga matot hampir sama kasusnya dengan b+ juga 150v tapi output regulator yg lain normal voltasenya terus diukur tr hotnya masih bagus apanya yah apakah bisa jadi fbt nya

    BalasHapus
  109. Tanya om...no seri yok samsung slim dnie 21 inch atau persamannya..timksih...🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus

Entri Populer