Rabu, 13 April 2011

Kerusakan - kerusakan pada Tv Goldstar



Ini adalah masalah klasik mungkin karena dari usia Tv ini sendiri, tapi baiklah saya akan berbagi sedikit tentang kerusakan Tv ini.

1. Kerusakan power suply
  • STR S6707 sering rusak atau short penyebabnya adalah elco suply STR 35V220uf nilainya berubah.
  • Untuk STR yang short/koslet bisa di modif dengan mengganti dgn TR biasa / D2498 dengan memotong 3 buah kaki.Yaitu pin 1, 2 dan 3.
  • Pin 1 untuk Colector
  • Pin 2 untuk Emiter
  • Pin 3 untuk Basis
  • IC SE110/115. Opto coupler PC817 juga sering bermasalah, efeknya tegangan drop / mendut2.
  • Bila STR rusak / short R 37 ohm softstart sering putus.
2. Kerusakan TR horizontal biasanya disebabkan Flyback rusak

3. Tv tidak mau menyala karena B+ Drop ganti elco B+ 160V220UF dan 100uf.

4. Tv bisa menyala dan setelah beberapa menit Standby, ini karena TR horizontal panasnya sudah berlebihan (over heat) mungkin lama2 bisa jebol.
  • Kerusakan pada elco2 tegangan drive dan oscilator horizontal.
5. Gambar bergeser dan tidak bisa disimpan otomatis, kerusakan pada coil VCO dan AFT.
  • Ganti Travo/coil VCO dan AFT, atau bisa juga dgn mengganti C yang ada di dalam travo/coil dengan C ceramic 60pf. Pada saat pengetriman dibutuhkan kesabaran.
  • Ganti CF gambar 5,5MB dan TR yg menuju pin AFT IC Program.
6. Gambar/suara tidak ada tapi OSD Normal, sering bermasalah pada IC swicth AV/TV LA7222 yang ada didekat tuner.

7. Gambar mbleber/ mblobor atau terang separuh, Ganti elco teg video 180v.

8. Kerusakan IC Memory.
  • Tv bila dihidupkan selalu pada Channel tertinggi
  • Untuk Tv Goldstar tertentu, Tombol panel bekerja tidak sesuai fungsinya / kacau.
9. Dan yang jangan pernah terlupakan yaitu solderan retak/kendor pada IC atau komponen lainnya.

>>>>Semoga bermanfaat....

17 komentar:

  1. maksih infonya kang alex, sangat berguna buat rekan2

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat boss. good luck boss

    BalasHapus
  3. makasih pak sangat bermanfaat bagi saya servispemula ini, dan lain kali ku mohon bantuannya lagi

    BalasHapus
  4. Min saya punya tv Goldstar saya tekan tombol power dari remot tv nya mati setelah saya hidupkan lagi tv nya gmw hidup lampu led stanby kedip2.. Knpa t min?

    BalasHapus
  5. Min saya punya tv Goldstar saya tekan tombol power dari remot tv nya mati setelah saya hidupkan lagi tv nya gmw hidup lampu led stanby kedip2.. Knpa t min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti elko - elko di power supply terutama yg 10uf/100v dan 220uf/25v juga yg 47uf/35v

      Hapus
  6. mas punya datasheet lg8634-17c gax? nyari susah mas? terimakasih

    BalasHapus
  7. Mas tv goldstar saya gambar sma suaray kadang ad kadang gak ad knp y

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum mas, numpang tanya? semlm tv goldstar saya bergaris horizontal, pdh sya cmn memutr2 aft mas, knp ya?

    BalasHapus
  9. Mas tv goldstar saya tidak bisa menangkap siaran indosiar, sctv, rcti dan antv knpa ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek tegangan 33v VT mungkin kurang menyebabkan hanya channel bawah yg dapat.

      Hapus
  10. of Uk best deal through thriftydeals you can enjoy this offers and can send gifts With Discount Coupon to any of your relative.

    BalasHapus

Entri Populer