Selasa, 16 Desember 2014

Kerusakan Protek Tv Polytron

Bagi teknisi yang sudah tau mungkin hal ini sangat sepele karena mungkin mereka sudah kenal internet dan dan dapat dari browsing atau berbagi dengan teman fesbuk.

Bagi yang awam mungkin ini sangat menjengkelkan sekali sehingga kerusakan seperti ini bisa terselesaikan dengan mengganti mesin tv dengan mesin china atau over service ke teknisi lain yang lebih pengalaman. Artinya mereka tidak mampu mengatasi kerusakan seperti ini. Penyebabnya adalah pin protek kehilangan tegangan 5v.

Berikut adalah gambar penyebab tv Polytron Protek, artinya tv bisa menyala dan muncul logo Polytron lalu kembali standby.



Satu lagi kerusakan yang mungkin masih jarang ketemu yaitu tombol panel seakan terpencet sehingga tampilan tv selalu berubah, misal kadang muncul gambar tv, lalu berubah ke AV dan berubah lagi ke Radio dan berulang-ulang sehingga menimbulkan kesan IC program konslet.

Tapi ternyata kita salah menduga ternyata kerusakan pada C bypass/filter pin KEY ke Ground.
Lihat gambar:


Semoga bermanfaat..

3 komentar:

  1. bg, tv polytron protek vertikal, setelah saya gnti ic vertikal kembali normal, namun 2 hri kemudian tv protek kembali..kira2 apa solusinya y bg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek lagi apa penyebab proteknya, apa flyback sempat bekerja, kalo ya cek tegangan 5v yg disupply dari pin 3 ic vertikal di kopel elko 1uf 50v dan di arahkan melalui dioda IN4148 dan di filter/ ditampung melui elko 10uf 50v, kalo disini gak ada 5v saat flyback bekerja akan kembali protek, penyebabnya bisa ic vertikal masalah atau elko yg saya sebut tadi kering.

      Hapus
  2. Trima kasih info nya sangan membantu

    BalasHapus

Entri Populer