Selasa, 16 Desember 2014

Kerusakan Protek Tv Polytron

Bagi teknisi yang sudah tau mungkin hal ini sangat sepele karena mungkin mereka sudah kenal internet dan dan dapat dari browsing atau berbagi dengan teman fesbuk.

Bagi yang awam mungkin ini sangat menjengkelkan sekali sehingga kerusakan seperti ini bisa terselesaikan dengan mengganti mesin tv dengan mesin china atau over service ke teknisi lain yang lebih pengalaman. Artinya mereka tidak mampu mengatasi kerusakan seperti ini. Penyebabnya adalah pin protek kehilangan tegangan 5v.

Berikut adalah gambar penyebab tv Polytron Protek, artinya tv bisa menyala dan muncul logo Polytron lalu kembali standby.



Satu lagi kerusakan yang mungkin masih jarang ketemu yaitu tombol panel seakan terpencet sehingga tampilan tv selalu berubah, misal kadang muncul gambar tv, lalu berubah ke AV dan berubah lagi ke Radio dan berulang-ulang sehingga menimbulkan kesan IC program konslet.

Tapi ternyata kita salah menduga ternyata kerusakan pada C bypass/filter pin KEY ke Ground.
Lihat gambar:


Semoga bermanfaat..

11 komentar:

  1. bg, tv polytron protek vertikal, setelah saya gnti ic vertikal kembali normal, namun 2 hri kemudian tv protek kembali..kira2 apa solusinya y bg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek lagi apa penyebab proteknya, apa flyback sempat bekerja, kalo ya cek tegangan 5v yg disupply dari pin 3 ic vertikal di kopel elko 1uf 50v dan di arahkan melalui dioda IN4148 dan di filter/ ditampung melui elko 10uf 50v, kalo disini gak ada 5v saat flyback bekerja akan kembali protek, penyebabnya bisa ic vertikal masalah atau elko yg saya sebut tadi kering.

      Hapus
  2. Trima kasih info nya sangan membantu

    BalasHapus
  3. Masalah sama seperti di atas tp punya saya ada warna pelanginya kira2 apanya master mohon infonya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerusakan masih sama dari IC vertikal, penyebab IC vertikal, ganti dulu elko2 seputar IC karena dia penyebab panas over.
      Setelah ganti IC cek jalur tegangan plus dan minnya karena kehilangan tegangan minus gambar jadi pelangi dan bisa merusak tabung.

      Hapus
  4. Polytron Uslim ps 52UV25RM xbr Protect.. Saya ganti elco hidup lagi, ko 2 hari protect lagi. Patrianya ada yg kendor. normal lg 1 bulan. setelah itu ada yg terbakar resistor dan elconya meletus, tv matot. Saya ganti komponennya tapi tv hidup cm biru, Search canel tidak bisa. Senang service mode 1014 tulisannya NOT OK. Solusinyab gimana?

    BalasHapus
  5. Tv polytron pc52uv200r protek dan fbt bunyi nging. Kira kira bagian mana yg di cek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek tegangan B+ kalo drop mungkin ada yg shoot bisa TR horizontal atau yg lain

      Hapus
  6. slamat mlm ms saya punya tv politron uslim model lupa kejala tv ini awal mulaya meletusnya ic vertikal setelah saya ganti ic vertikal tv kembali protek lagi stelah hidup kurang lebih 3jam saya pikir mungkin cuma cnya yg kering dan sudah saya ganti semuanya yg ada pd ic vertikal tp selang beberapa menit tv kembali protek atau stanby tombol2 tidak berfungsi tp setelah tombol power dimatikan kira kira nunggu 5menit tv kembali bisa star dan kembali lg stanbi setelah hidup beberapa menit,mungkin agan2 ada yg pernah mengalamii kasus sperti ini maklum gan teknjsi ms awam belum banyak pengalaman mahon bantuanya trima ks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ic vertikal pecah sering karena tegangan naik, power suply yg ada trimpot sering rusak trimpotnya.
      Cek teganan ic vertikal sering bila ic rusak R tegangan dari flyback juga sering putus.
      Elko2 juga sangat berpengaruh termasuk yg kecil2.

      Hapus

Entri Populer